Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Banjir Jakarta, Megawati: Tanyakan Saja Pada Anies

Megawati SP
Jakarta- Visi Muslim- Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tak ingin mengomentari soal banjir di Jakarta yang menggenang hampir di seluruh wilayah Ibu Kota. Megawati lalu bicara pentingnya mitigasi bencana.

“Tanya ke Anies (Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan) sana,” kata Megawati di Tokyo, Jepang, Senin (6/1/2020).

Namun, dia menjelaskan, semasa menjabat Presiden RI periode 2001-2004, dia berkali-kali mengingatkan soal pentingnya edukasi menghadapi bencana alam.

Itu sebabnya, putri Bung Karno ini mengupayakan agar Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), yang dulunya bernama Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), menjadi lembaga pemerintah nondepartemen di bawah presiden.

Hal itu tertuang dalam Keppres 46 dan 48 Tahun 2002 yang ditandatangani Megawati pada 1 Juli. Kini Megawati akan mengupayakan agar ada edukasi tentang bencana terus disosialisasikan.

“Yang waktu itu setengah mati, deh. Artinya, saya berjuang membentuk sebuah wadah, sedangkan di sini sedang ada bencana. Jadi kan kejar-kejaran. Sekarang sudah ada kenapa tidak diedukasi, disosialisasi, saya memang nanti sebagai Ketua Dewan Pengarah BPIP, saya mau bicara untuk pendidikan itu juga seperti di Jepang,” ujar Megawati.

Berkaca pada Jepang, RI juga seharusnya mampu menyiapkan peralatan early warning terhadap bencana, khususnya gempa. Ketua Dewan Pengarah BPIP ini pun menceritakan pengalaman ketika merasakan guncangan gempa di Negeri Sakura.

"Anak-anak dari TK sudah diajari kalau ada bahaya itu harus bagaimana. Di sini kalau ada gempa diam. Saya pernah mengalami (gempa), lo kok diam ya. Kita sudah mau lari. Untung teman saya bilang yang orang Jepang, tidak usah, nanti diberi tahu kapan kita mesti lari,” tuturnya.

“Jadi ada alarm. Kalau alarm bunyi, artinya mesti waspada. Alarm kedua kita harus keluar, jadi begitu. Itu masih berjalan terus cara memberikan warning. Jadi early warning system-nya kita… aduh, bukan lemah, tidak ada,” kata Megawati. [www.visimuslim.org]

Sumber: dtk

Posting Komentar untuk "Soal Banjir Jakarta, Megawati: Tanyakan Saja Pada Anies"