Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jutaan Masker Impor dari China di Gudang Sidoarjo Di-repacking Lalu Dijual


Sidoarjo-VisiMuslim-  Gudang di Sidoarjo yang berisi masker impor dari China digerebek. Ternyata gudang itu merupakan lokasi untuk me-repacking atau mengemas kembali masker tersebut.

“Masker itu dilakukan repack,” ujar Kapolres Sidoarjo Kombes Sumardji kepada wartawan di lokasi komplek pergudangan Safe Lock blok B di Desa Rangkah Kidul, Kecamatan Kota Sidoarjo, Senin (9/3/2020).

Sumardji mengatakan masker tersebut diimpor oleh Dharyono Soesanto dari Xiantao Dingcheng, China lewat kontainer. Satu kontainer berisi 980 karton yang terdiri dari 30.234 boks yang berisi sebanyak 1.961.700 masker.

Kemudian masker tersebut dikemas oleh 10 orang karyawan ke dalam kemasan yang lebih kecil. Tiap-tiap kemasan berisi 5 biji masker yang dijual per kemasaan dengan harga Rp 8 ribu.

“Masker itu kemudian dilakukan penambahan tali elastis. Selanjutnya dilakukan repack pada kemasan kecil. Kemudian masker di kemas dalam boks yang berisi 50 kemasan kecil dijual dengan harga Rp 80 ribu per boks. Masker-masker yang sudah dikemas ke dalam boks dikirim ke distributor,” lanjut Sumardji.
Pelaku akan dijerat pasal 196 UU No 36 tahun 2009 tentang kesehatan. Pasal 62 ayat 1 Jo pasal 8 ayat 1 huruf D dan E UU No 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan pasal 106 UU No 7 tahun 2014.

“Pelaku terancam pidana penjara selama-lamanya 10 tahun penjara. Dan denda sebanyak Rp 1 miliar,” tandas Sumardji.(dt)

Posting Komentar untuk "Jutaan Masker Impor dari China di Gudang Sidoarjo Di-repacking Lalu Dijual"

close