Lockdown tapi Grafik Menanjak?



Oleh: Mia Fitriah Elkarimah


Tidak pernah terbayangkan hal ini akan terjadi. Mudah-mudahan  keadaan ini segera berlalu. 

Per- Selasa, 24 Maret, Kasus Positif Corona di Indonesia Jadi 686. (CNN Indonesia, 24/3/2020). Sabtu kemarin, ada 450 kasus positif Corona di wilayah Indonesia, cuma berselang satu hari saja  naik drastis menjadi 514. 

Lockdown dan WFH sudah diterapkan, tapi terlihat sekali meski sudah dilakukannya  lockdown, grafik masih terus naik. Artinya memang ketika kita mengurangi aktivitas pun, virus ini masif sekali sebarannya. 

Lockdown, secara harafiah artinya dikunci. Jika istilah ini digunakan pada saat ini, lockdown  diartikan sebagai penutupan akses masuk maupun keluar suatu daerah yang terdampak. 

Lockdown itu perluasan dari social distancing, dalam skala yang jauh lebih besar dan dampak yang jauh lebih luas.

Lockdown itu seharusnya  bersama-sama
membangun solidaritas, jangan apatis, jangan  menganggap sepele, seakan tidak ada apa apa. Padahal sosialisasi ganasnya virus sudah diberitakan oleh seluruh media. Kalau begini terus, angka bisa terus melambung dari hari ke hari yang  positif Corona. 

Lockdown seharusnya ada pengawasan dan aturan hukum, bukan hanya diminta kesadaran personal, beri sangsi  bagi warga yang masih ngeyel. Beri aturan hukum bagi perusahan, yang masih aktif memperkerjakan karyawannya. 

Kita harus siap merugi di tengah situasi penyebaran wabah Covid-19.

Lockdown itu seperti kebijakan mengkarantina  daerah-daerah yang tinggi penyebaran wabah virus corona COVID-19,  
 jangan tunggu sampai ribuan. Cegah siapa yang keluar dan masuk kota zona merah. 

Lockdown itu harus didukung dengan bantuan logistik dan  bantuan sosial. 

Lockdown itu menyadari kita bahwa fasilitas kesehatan kita sampai saat ini masih minim. Jangan sampai nanti ketika  pasien yang positif terinfeksi virus corona terus melonjak,  tenaga medis kita kewalahan.

Tenaga medis yang  tak kenal lelah   mempertaruhkan jiwa mereka, hal yang paling sederhana yang bisa kita lakukan adalah meminimalisir yang terpapar, dengan cara   stay safe at home. 

Insya Allah ada solusinya, InsyaAllah ini pasti ada jalan, InsyaAllah ikhtiar ini membuahkan hasil. []

Belum ada Komentar untuk "Lockdown tapi Grafik Menanjak?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...