Doni Monardo: Prediksi BIN, Kasus Covid-19 Akan Terus Meningkat Dan Mencapai Puncak Di Bulan Juli


Jakarta-Visi MuslimPuncak penyebaran virus corona atau Covid-19 di tanah air diprediksi akan terjadi pada Juli 2020 mendatang yakni sekitar 160 ribu lebih kasus.

Prediksi tersebut sebagaimana kajian Badan Intelijen Negara (BIN) yang diuraikan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo dalam rapat dengan Komisi IX DPR RI, melalui telekonferensi, Kamis (2/4).

"Puncaknya akhir Juni atau akhir Juli 2020," kata Doni.

Doni Monardo melanjutkan, BIN sebelumnya melakukan estimasi kasus Covid-19 pada akhir Maret sebanyak 1.577 orang. Sedangkan realitas yang terjadi 1.528 kasus pada Maret. Artinya, prediksi tersebut 99 persen akurat.

Masih estimasi BIN, lanjut Doni Monardo, pada akhir April diperkirakan mencapai 27.307 kasus, akhir Mei sebanyak 95.451 kasus. Kemudian akhir Juni sebanyak 105.765 kasus, dan akhir Juli atau puncaknya sejumlah bisa 106.287 kasus.

Masih dalam pemaparan data BIN tersebut, ada sekitar 50 kabupaten/kota prioritas dari 100 kabupaten yang ada di Indonesia, memiliki tingkat risiko tinggi penyebaran virus corona. Sebanyak 49 persen diantaranya berada di Pulau Jawa.

Selanjutnya, masih ada 10 provinsi yang mengalami kekurangan fasilitas kesehatan dalam penanggulangan corona. Antara lain, Jawa Barat, DIY, Sulawesi Selatan, Bali, Kalimantan Timur, Sumatera Utara, Papua, Aceh, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Prediksi hasil kajian BIN tersebut, kata Doni Monardo, masih memungkinkan tidak terjadi jika berbagai langkah antisipatif dilakukan semua pihak secara bersama-sama.  

"Kalau bisa melakukan langkah-langkah pencegahan, mudah-mudahan kasus yang terjadi tidak seperti apa yang diprediksi," demikian Doni Monardo. [] Rmol

Belum ada Komentar untuk "Doni Monardo: Prediksi BIN, Kasus Covid-19 Akan Terus Meningkat Dan Mencapai Puncak Di Bulan Juli"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel