Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ratusan Hektare Sawah di Padang Sidempuan Kekeringan

 


Medan, Visi Muslim- Ratusan hektare lahan persawahan di Kecamatan Padang Sidempuan Batunadu dan Padang Sidempuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara (Sumut), mengalami kekeringan berkepanjangan.

Menurut Suratman, anggota kelompok tani di Sidempuan Tenggara, kekeringan ini terjadi karena saluran irigasi yang biasa mengaliri persawahan di sana tidak berfungsi. Saluran irigasi tertimbun longsor.

"Saluran irigasi sudah lama tertimbun tanah longsor. Kondisi ini yang membuat ratusan hektare sawah mengalami kekeringan," ujar Suratman kepada Beritasatu.com, Kamis (3/9/2020).

Pria berusia 45 tahun ini mengatakan, petani di sana tidak lagi menanam padi di lahan persawahan. Kalangan petani mengalihkan proses tanaman jagung, kedele maupun tanaman holtikultura lainnya.

"Percuma jika sawah ditanami padi karena tidak akan menghasilkan. Untuk menanam padi membutuhkan air yang cukup. Petani bakal mengalami kegagalan yang mengakibatkan kerugian jika menanam padi," katanya.

Muhammad Hidayat, salah seorang petani di Kecamatan Padang Sidepuan Batunadu mengharapkan, pemerintah kabupaten melalui dinas pertanian supaya segera memperbaiki saluran irigasi yang tertimbun longsor.

"Masalah saluran irigasi tertimbun longsor ini sudah dilaporkan ke perangkat desa, yang dilanjutkan pemberitahuan ke kelurahan, kecamatan sampai ke pemerintah kota. Belum ada tindak lanjut," sebutnya.


Sumber:BeritaSatu.com

Posting Komentar untuk "Ratusan Hektare Sawah di Padang Sidempuan Kekeringan"