Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Negara-negara Eropa Barat Meminta Israel Menghentikan Pembangunan Pemukiman di Tepi Barat



Berlin, Visi Muslim- Negara-negara Eropa seperti Jerman, Prancis, Italia, Inggris, dan Spanyol pada Jumat, (16/10/2020) menyatakan keprihatinannya soal rencana Zionis Israel untuk membangun hampir 5.000 unit rumah di Tepi Barat yang diduduki dan meminta Tel Aviv untuk menghentikan semua kegiatan pembangunan permukiman di wilayah tersebut, menurut pernyataan bersama oleh kementerian luar negeri negara bagian ini.

"Kami sangat prihatin dengan keputusan yang diambil oleh otoritas Zionis Israel untuk memajukan lebih dari 4.900 unit bangunan permukiman di Tepi Barat yang diduduki. Perluasan permukiman tersebut melanggar hukum internasional dan membahayakan kelangsungan solusi dua negara untuk mewujudkan keadilan dan perdamaian abadi dalam konflik Zionis Israel-Palestina," bunyi pernyataan itu.

Kementerian luar negeri Eropa menyebut keputusan Zionis Israel "kontraproduktif" sehubungan dengan kesepakatan normalisasi yang dicapai antara Zionis Israel, Uni Emirat Arab dan Bahrain.

"Karena itu, kami menyerukan penghentian segera pembangunan pemukiman, serta penggusuran dan pembongkaran bangunan Palestina di Yerusalem Timur dan Tepi Barat," kata pernyataan itu.

Diketahui, warga Palestina melarikan diri dari tembakan gas air mata yang ditembakkan oleh pasukan Israel selama protes terhadap permukiman Yahudi, di Asira al-Qibliya di Tepi Barat yang diduduki Israel pada 25 September 2020 lalu.

Rencana konstruksi yang dipublikasikan awal pekan ini, telah dikritik sebagai perbuatan ilegal oleh Koordinator Khusus PBB untuk Proses Perdamaian Timur Tengah Nickolay Mladenov dan diplomat top Eropa Josep Borrell.

Selama beberapa dekade, Zionis Israel telah berkonflik dengan warga Palestina yang mencari pengakuan diplomatik untuk sebuah negara merdeka di wilayah Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur dan Jalur Gaza.

Pemerintah Zionis Israel telah menolak untuk mengakui Palestina sebagai entitas politik dan diplomatik independen dan terus membangun permukiman di daerah pendudukan meskipun ada keberatan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa. [] Editor: Gesang/ IT

Posting Komentar untuk "Negara-negara Eropa Barat Meminta Israel Menghentikan Pembangunan Pemukiman di Tepi Barat"

close