Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Risma Pimpin Pembersihan Sampah Pendemo, Tiga Jam Beres



Surabaya, Visi Muslim- Sisa sampah dan pembakaran di berbagai jalan utama di Kota Pahlawan menumpuk. Setelah aksi demonstrasi selesai, upaya pembersihan langsung dilakukan, Kamis (8/10/2020) tengah malam.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memimpin langsung upaya pembersihan. Ia menuju ke Jalan Gubernur Suryo, tepatnya di depan Gedung Negara Grahadi serta di Jalan Basuki Rahmad yang menjadi pusat pembakaran peserta aksi.

Batu-batu yang bertebaran lansung disisir serta mencongkel sampah plastik yang menempel di aspal setelah pembakaran besar-besaran dilakukan peserta aksi. "Bangun kota anggel, kok ya dirusak seperti ini," kata Risma.

Selesai di depan Grahadi, Risma segera bergerak ke Jalan Basuki Rahmad dan ternyata ditemui banyak pot bunga besar yang hancur, bunganya pun ringsek, sehingga dia meminta jajaran Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) untuk mengambil bunga-bunga itu dan membersihkan sampah-sampahnya. Untuk sisa pembakaran, dia meminta Dinas PU Bina Marga untuk menerjunkan alat berat untuk membersihkannya.

Beberapa alat berat dan truk hingga berbagai unit mobil pemadam kebakaran berdatangan ke lokasi. Mereka langsung gerak cepat membersihkan semua sampah yang berserakan di jalanan. Barrier yang rusak di depan Tunjungan Plaza langsung diganti baru. Bahkan, langsung dipasang lagi berjejer.

Kepala Dinas DKRTH Kota Surabaya, Anna Fajriatin memastikan bahwa Pemkot Surabaya menurunkan kekuatan penuh untuk membersihkan sampah dan barang-barang yang dirusak oleh para demonstran. Sebab, kerusakan di lapangan sangat parah dan perlu penanganan segera.

"Kami angkut dulu semuanya bunga-bunga yang rusak dan bola-bolanya yang ada di pedestrian. Sebab, tanaman ini kan juga makhluk hidup, pasti mereka ini juga stress, sehingga kami rawat dulu," kata Anna.

Ia menargetkan semuanya bisa dibersihkan malam ini hingga clear dan bersih semuanya, sehingga diharapkan besok pagi ketika warga Surabaya mulai beraktivitas sudah nyaman dan lancar kembali. "Semoga malam ini clear semuanya dan bersih. Apalagi ini semua dinas turun untuk bersih-bersih," imbuhnya.

Tak sampai tiga jam, seluruh jalanan di depan Grahadi dan Jalan Basuki Rahmad sudah bisa dilewati. Bahkan, para pesepeda ontel sudah santai lewat di jalan tersebut tanpa ada gangguan sampah dan sisa pembakaran. [] Sindonews

Posting Komentar untuk "Risma Pimpin Pembersihan Sampah Pendemo, Tiga Jam Beres"

close