Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelompok Hamas Beri Ucapan Selamat Atas Kemenangan Azerbaijan di Nagorno Karabakh



Ramallah, Visi Muslim- Kelompok pejuang Palestina Hamas pada hari Selasa, (10/11/2020) memberi selamat kepada Azerbaijan atas pembebasan wilayah Nagorno-Karabakh dari pendudukan Armenia.

Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev mengumumkan berakhirnya konflik Nagorno-Karabakh dengan Armenia berdasarkan kesepakatan yang dicapai Selasa pagi untuk menghentikan pertempuran di wilayah tersebut. Aliyev juga menggambarkan perjanjian itu sebagai kekalahan bagi Armenia.

"Kami mengucapkan selamat kepada Azerbaijan atas kemenangannya dalam pertempuran dan merebut kembali wilayah pendudukan," kata juru bicara Hamas Sami Abu Zuhri di Twitter.

Sementara itu, situasi di ibu kota Armenia mengalami kekacauan. Pada Senin malam, Perdana Menteri Nikol Pasjinian mengumumkan bahwa ia telah menandatangani perjanjian dengan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev dan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mengakhiri permusuhan di wilayah Nagorno-Karabakh yang disengketakan.

Setelah kesepakatan diumumkan, kerusuhan di Armenia meletus di ibu kota Armenia, Yerevan, dan semakin meluas, di mana para pengunjuk rasa menyerbu dan menduduki gedung-gedung pemerintah dan kemudian parlemen.

Rusia telah mengirim pasukan ke wilayah Karabakh Atas untuk memantau situasi kedua belah pihak dalam gencatan senjata baru.

Pertempuran antara Armenia dan Azerbaijan memperebutkan wilayah Nagorno-Karabakh berkobar pada akhir September. Daerah tersebut dikuasai oleh separatis Armenia, tetapi menurut komunitas internasional, wilayah itu merupakan bagian dari Azerbaijan. Setidaknya 1.300 kematian telah terjadi dalam beberapa pekan terakhir, dan mungkin lebih banyak lagi. [] Gesang

Posting Komentar untuk "Kelompok Hamas Beri Ucapan Selamat Atas Kemenangan Azerbaijan di Nagorno Karabakh"

close