Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menolong Agama Allah



Oleh: Mikaeel Hassan (Aktivis Muslim dari Belanda)


Ada doa terkenal yang layak dipertimbangkan berbunyi:

اللهم استخدمنا ولا تستبدلنا

"Ya Allah jadikan kami orang berkhidmat & janganlah kau gantikan kami (dengan yang lain)"

Membawa pesan Islam kepada orang lain adalah salah satu tugas paling mulia yang dapat Anda miliki sebagai manusia karena apa yang Anda bawa adalah sebuah tugas suci dan kemuliaan serta kebenaran. Pesan (dakwah) ini begitu istimewa sehingga bisa menerangi pembawaannya dan mengambil berkah darinya. Itu adalah tugas orang-orang besar di bumi, seperti para nabi, yang telah melakukan segala hal untuk mencerahkan manusia dengan Islam saat mereka menanggung semua cobaan di jalan mereka.

Seringkali kita berpikir bahwa dakwah harus dilakukan secara individu (tanpa sebuah jamaah dakwah). Tapi nyatanya, dakwah adalah sebuah kerjasama tim layaknya tim sepak bola. Meskipun striker membuat gol, dia tidak akan pernah bisa melakukan gol tersebut jika dia tidak memiliki anggota tim di belakangnya yang telah mempersiapkan segalanya sehingga dia bisa membuat gol.

Karena itu, jangan pernah meremehkan hal-hal kecil dari dakwah ini. Karena semua itu adalah hal yang mulia. Meskipun Anda meneruskan pesan WhatsApp, membagikan video, atau menyiapkan kursi di suatu acara atau mengatur makanan, semuanya tetap diperlukan.

Alih-alih melihat ini sebagai beban, Anda harus melihat ini sebagai kesempatan dari Allah untuk menolong agama-Nya. Kesempatan ini tidak diberikan kepada setiap orang. Faktanya bahwa Anda akan menemukan keberkahan tersendiri saat melakukannya, karena berapa banyak orang diluar sana yang terlalu sibuk dengan kehidupan duniawi yang sama sekali tidak menarik bagi mereka?

Pemenangnya adalah orang yang menggunakan bakat yang diperolehnya untuk menolong agama-Nya. Dia tidak terganggu oleh duniawi dan mengarahkan anak panahnya untuk menyenangkan Tuhannya. Apalagi saat ini ketika Islam sedang diserang dari segala sisi, penting bagi kita sebagai umat Islam berkomitmen untuk menolong agama Allah dan umat-Nya dengan tegas dan tabah, berani dan berprinsip untuk kebenaran dan cahaya Islam yang kita bawa adalah lebih besar dari kita semua.

Sungguh suatu kehormatan besar ketika Allah menggunakan Anda untuk menolong agama-Nya dan betapa ruginya ketika Anda ditukar! Ketahuilah bahwa berkah ini tidak pernah dijamin dan takutlah saat Anda mungkin lalai dalam tugas dan tanggung jawab mulia ini sehingga Allah dapat menukar Anda dengan orang lain. Dan itu adalah sebuah kerugian terbesar.

وَإِن تَتَوَلَّوْا۟ يَسْتَبْدِلْ قَوْمًا غَيْرَكُمْ ثُمَّ لَا يَكُونُوٓا۟ أَمْثَٰلَكُم

dan jika kamu berpaling niscaya Dia akan mengganti (kamu) dengan kaum yang lain; dan mereka tidak akan seperti kamu ini. (QS: Muhammad: 38). []

Posting Komentar untuk "Menolong Agama Allah"

close