Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jokowi Umumkan Formasi Reshuffle, DPR: Menag Pantas, Menkes Dapat PR Berat yang Sudah Menanti



Jakarta, Visi Muslim- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo resmi mengumumkan enam nama baru yang duduk di kabinetnya. Parlemen pun menanggapi sejumlah nama yang masuk. Salah satunya Wakil Ketua Komisi VIII Ace Hasan Syadzili yang memberi pandangan akan sosok baru Menteri Agama, kementerian yang merupakan mitra Komisi VIII.

Kepada wartawan, Selasa 21 Desember 2020, Ace menyebut kalau sosok Yaqut Cholil Quomas layak menduduki posisi Menag. Ace berharap pandangan Yaqut Cholil Quomas terkait keagamaan dapat menebarkan moderasi dalam beragama.

"Beliau pantas menduduki jabatan tersebut karena pandangan keagamaannya diharapkan menebarkan moderasi beragama," kata Ace.

Ace juga menyebut sudah mengenal sosok Ketum GP Ansor itu cukup lama. Menurutnya, Yaqut Cholil Quomas telah berhasil membina organisasi yang konsisten menjaga keberagamaan di Indonesia.

"Saya mengenalnya dengan sangat baik sebagai sesama Ketua GP Ansor pada periode sebelumnya. GP Ansor selama ini telah menunjukkan pandangannya sebagai organisasi yang konsisten merawat beragamaan di Indonesia,” ujar dia.

Ace pun memberi selamat atas dipilihnya Yaqut sebagai Menag menggantikan Facrul Razi.

"Selamat untuk Gus Yaqut Cholil Qoumas yang dipercaya menjadi Menteri Agama RI," kata Ace.

Satu nama lain yang jadi sorotan adalah ditunjuknya Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan. Keputusan ini bisa dikatakan mengejutkan karena Budi bukan tokoh di bidang kesehatan. Anggota Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati, menilai bakal ada tantangan berat Menteri Kesehatan baru apalagi terkait penanganan pandemi Covid-19 yang sedang dihadapi.

"PR berat menanti Menkes baru. Semoga saja bisa tertangani lebih baik penanganan Pandemi dan dan reformasi sistem kesehatan masyarakat selama dan pasca Pandemi," ujar Kurniasih.

Kurniasih berharap, Budi meneruskan apa yang sudah dikerjakan Terawan dan dibahas bersama DPR. Yaitu mengenai mitigasi pandemi Covid-19 dan vaksinasi.

"Kita berharap semua yang sudah dibahas oleh Menkes sebelumnya dengan komisi 9, dijalankan, khususnya perbaikan mitigasi Pandemi Covid-19 dan urusan vaksinasi yang menjadi PR besar," kata politisi dari PKS ini. [] Pikiran rakyat

Posting Komentar untuk "Jokowi Umumkan Formasi Reshuffle, DPR: Menag Pantas, Menkes Dapat PR Berat yang Sudah Menanti"