Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aung San Suu Kyi Ditangkap dalam Keadaan Sehat



Yangon, Visi Muslim- Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi, ditangkap, dalam keadaan sehat, menurut anggota partainya, Selasa, (2/2/2021).

Suu Kyi ditangkap oleh pasukan militer selama kudeta pada hari Senin, (1/2). Anggota lain dari partainya dan anggota pemerintah juga telah dibebaskan oleh junta militer pada hari Selasa.

Anggota partai Kyi Toe memposting pesan tentang kesehatan Suu Kyi di Facebook. Belum diketahui darimana mereka memperoleh informasi tersebut. Anggota lain dari Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) mengatakan Suu Kyi telah kembali menjadi tahanan rumah. Di sana dia telah ditahan selama lebih dari 15 tahun selama pihak militer berkuasa. NLD menuntut agar Suu Kyi (75) agar dibebaskan.

NLD meraih kemenangan besar dalam pemilu November lalu, tentara mengalami kekalahan yang telak. Sejak itu, tentara memperebutkan hasil pemilu, yang mengakibatkan kudeta pada hari Senin.

Bandara internasional di Yangon ditutup pada hari Selasa akibat kudeta. Menurut pengelola bandara, bandara akan tetap ditutup hingga Mei. Bandara ini merupakan penghubung utama untuk perjalanan internasional dan antarbenua di Myanmar.

 Pemimpin Myanmar, Aung San berada di bawah kecaman internasional karena telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia di Myanmar terhadap Rohingya, minoritas Muslim yang ditindas dan dibantai oleh pemerintah.

Hampir 600.000 Rohingya yang tersisa di negara itu tidak memiliki hak sipil dan karenanya tidak dapat memilih. Sedangkan, hampir 1 juta Rohingya tinggal di Bangladesh, tiga perempatnya melarikan diri ke sana setelah militer di Myanmar mengusir mereka dari negara bagian utara Rakhine selama tiga tahun dalam operasi pembunuhan besar-besaran. [] Gesang


Posting Komentar untuk "Aung San Suu Kyi Ditangkap dalam Keadaan Sehat"