Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harus ada Langkah Besar Selesaikan Pandemi




Oleh: Nelly, M.Pd. (Akademisi dan Pemerhati Sosial Masyarakat)

Miris! Indonesia dinobatkan masuk dalam peringkat terakhir kinerja penanganan Covid-19, menurut data terbaru yang dirilis oleh Lowy Institute. Beberapa indikator yang dipantau adalah kasus terkonfirmasi, kematian, kasus terkonfirmasi per juta orang, kasus kematian per juta orang, kasus yang dikonfirmasi sebagai proporsi tes, dan jumlah tes per seribu orang. Hasilnya, negara dengan penanganan Covid-19 terburuk di Asia Tenggara adalah Indonesia. Bahkan skornya beda tipis dengan India yang memiliki 1 miliar penduduk (Republika, 30/1/2021).

Menanggapi hal tersebut, Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Hermawan Saputra, tidak heran mengetahui Indonesia menjadi yang terburuk dalam penanganan pandemi di Asia Tenggara. Dari beberapa indikator seperti geografi, politik (kebijakan), demografi dan ekonomi, Indonesia merupakan negara yang paling rumit. Disamping itu, yang sangat disayangkan lagi negara sendiri dalam hal ini terlihat dari awal pandemi mewabah belum menunjukkan keseriusan dan memaksimalkan peran hingga kasus pandemi mewabah dengan kasus terbanyak dan terjadi hingga hampir satu tahun sudah.

Maka sudah saatnya Indonesia harus mengambil langkah-langkah besar dalam penanggulangan wabah covid-19. Tak boleh membuang waktu. Sebab akan semakin banyak biaya, nyawa melayang, dampak ekonomi yang dirasakan baik oleh rakyat maupun negara. 

Jadi, pemerintah mesti memulai strategi baru untuk mengakhiri wabah pandemi ini. Pertama, harus fokus dan menjadikan pandemi prioritas utama penanganan bukan yang lain apalagi hanya mendahulukan ekonomi yang hidupkan sementara nyawa dan kesehatan rakyat dipertaruhkan. Kedua, negara harus mencontoh negara-negara tetangga dalam penanganan Covid-19, seperti negara Vietnam, Thailand dan Singapura yang merupakan negara-negara cepat, sigap dan tegas dalam penanganan Covid-19 baik dalam segi testing, tracing dan treatment (3T). 

Indonesia juga dapat mencontoh negara-negara Asia Timur yang menerapkan optimum social restriction, dengan melakukan lockdown nasional secara total. Dan lokcdown atau karantina  total inilah langkah jitu dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19. Inilah solusi yang juga sesuai dengan bagaimana Islam memberi solusi dan telah baginda nabi Muhammad SAW contohkan saat terjadi wabah penyakit.

Berharap pemerintah segera mengambil langkah cepat tanggap. Jangan biarkan kasus pandemi terus menyebar tanpa tahu kapan akan berakhir. Semoga pandemi segera pergi dan kondisi kembali normal.

Di sinilah peran negara secara maksimal dalam menangani pandemi. Mengambil solusi Islam jelas adalah langkah yang sangat tepat. Insyaa Allah keberkahan dan kebaikan akan dirasakan bangsa ini.

Posting Komentar untuk "Harus ada Langkah Besar Selesaikan Pandemi"