Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kritisi SKB Seragam Berkhususan Agama, Ustaz MIY: Pemerintah Harus Wajibkan Busana Islam untuk Muslimah



Jakarta, Visi Muslim-  Cendekiawan Muslim Ustaz Muhammad Ismail Yusanto (MIY) menyatakan poin SKB tiga menteri terkait seragam berkhususan agama di sekolah yang menyebut ‘Pemda dan sekolah tidak boleh mewajibkan ataupun melarang seragam dan atribut dengan kekhususan agama’ semestinya direvisi.

“(Karena) jikalau busana Muslimah itu cermin dari ketakwaan atau perwujudan dari ketakwaan maka semestinya sekolah maupun pemerintah, baik pemerintah daerah maupun pusat, harus mendorong bahkan mewajibkan pemakaian busana Muslimah itu,” ujarnya, Kamis (4/2/2021) di kanal Youtube Fokus Khilafah Channel.

Lantaran, lanjut Ustaz MIY, salah satu tujuan penting dari pendidikan adalah membentuk siswa yang beriman dan bertakwa. Maka segala hal atau segala jalan untuk mendorong siswa untuk betul-betul menjadi seorang yang beriman dan bertakwa itu harusnya didukung. “Bukan kemudian dilarang atau ditanggalkan,” tegasnya.

Tepat

Sedangkan poin yang menyebut ‘peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan berhak memilih… …seragam dan atribut dengan kekhususan agama’ dinilai sangat tepat. “Karena kita tahu bahwa salah satu ekspresi dari ketakwaan seorang Muslimah khususnya adalah pada ketaatan dia untuk memakai kerudung dan jilbab, memakai busana Muslimah,” beber Ustaz MIY.

Ia juga menyebut memang tidak semestinya hal ini dilarang apalagi di lembaga pendidikan. Keputusan ini akan menjadi dasar yang sangat penting untuk menepis berbagai kasus yang acap terjadi khususnya di wilayah-wilayah minoritas Muslim. “Kita tahu ada banyak kasus di sana. Siswi Muslimah yang hendak memakai kerudung dilarang oleh pihak sekolah,” pungkasnya.[] Joko Prasetyo/mu

Posting Komentar untuk "Kritisi SKB Seragam Berkhususan Agama, Ustaz MIY: Pemerintah Harus Wajibkan Busana Islam untuk Muslimah"