Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anggota FUI Jadi Tersangka Pembubaran Kesenian Kuda Lumping di Medan



Medan, Visi Muslim-  Polisi menetapkan satu orang tersangka dalam kasus pembubaran paksa pertunjukan kuda lumping yang dilakukan Forum Umat Islam (FUI) Kota Medan di acara Langgem Budoyo di Jalan Merpati, Kelurahan Sei Sikambing B, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, Jumat (2/4) pekan lalu.

Juru bicara Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan satu orang tersangka dari ormas FUI Medan.

"Polrestabes telah melakukan penyelidikan terkait kasus keributan pertunjukan Langgem Budoyo di Kecamatan Medan Sunggal dan telah mengamankan terduga pelaku berinisial S," katanya, Jumat (9/4).

Lanjutnya, hasil gelar perkara kasus keributan acara kuda kepang itu telah dilakukan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumut. Sebelumnya, berkas perkaranya ditangani oleh Polsek Medan Sunggal, dan saat ini telah dilimpahkan ke Satreskrim Polrestabes Medan.

Masyarakat pun diminta agar tidak mudah terprovokasi atas kasus tersebut.

"Kita mengimbau kepada masyarakat menjelang bulan suci Ramadan ini untuk menahan diri, saling menghormati, tidak mudah tersulut dan terprovokasi atas kasus tersebut. Kami sebagai penegak hukum akan profesional dalam menangani perkaranya," pungkas Hadi.

Sebelumnya, pertunjukan seni kuda lumping yang dibubarkan paksa oleh ‎anggota FUI Medan terekam dalam sebuah video dan viral di media sosial, Rabu (6/4). Dalam video yang beredar, sempat terjadi adu mulut antara anggota FUI DPD Medan dengan warga.

Dalam video itu terlihat seorang perempuan tidak terima dengan dibubarkannya pertunjukan kuda lumping tersebut.

"Tiap pesta main ini (kuda lumping). Di mana mana orang bebas," ucap perempuan itu dalam video.

Anggota FUI Medan yang mendengar ocehan tersebut pun tak senang dan langsung meludahi perempuan itu. Tindakan itu kemudian memancing emosi warga dan keributan pun tak terhindarkan. Para anggota FUI dan warga terlibat baku hantam. [] merdeka.com

Posting Komentar untuk "Anggota FUI Jadi Tersangka Pembubaran Kesenian Kuda Lumping di Medan"

close