Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Militan Bersenjata Lancarkan Serangan di Sebuah Penjara Tenggara Nigeria



Abuja, Visi Muslim- Kelompok militan yang mempersenjatai dengan senapan mesin dan granat berpeluncur roket melancarkan serangkaian serangan terkoordinasi di tenggara Nigeria, mereka menargetkan sebuah penjara di mana lebih dari 1.800 narapidana kemudian berhasil melarikan diri, kata pihak berwenang pada hari Senin, (5/4/2021).

Serangan dimulai sekitar pukul 2 pagi waktu setempat di kota Owerri di negara bagian Imo dan berlangsung selama sekitar dua jam, menurut penduduk setempat, Uche Okafor. Militan bersenjata itu juga menyerang berbagai gedung polisi dan militer lainnya, kata pihak berwenang.

"Upaya sedang dilakukan untuk menangkap kembali para tahanan yang melarikan diri," kata juru bicara penjara Nigeria Francis Enobore, ia menambahkan bahwa 35 narapidana lainnya tetap berada di tahanan selama penyerangan tersebut.

Serangan terkoordinasi itu terjadi kurang dari dua minggu setelah gelombang kekerasan lain di tenggara Nigeria, ketika setidaknya selusin petugas keamanan tewas dalam serangan di empat kantor polisi, pos pemeriksaan militer dan serangan kepada kendaraan penjara.

Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab langsung tetapi Inspektur Jenderal Polisi Nigeria menyalahkan sayap paramiliter dari gerakan separatis yang aktif di wilayah yang disebut Jaringan Keamanan Timur (ESN). ESN mengatakan pihaknya berjuang untuk melindungi warga Igbo dari penjajah bersenjata asing yang membunuh penduduk mereka.

"Upaya para penyerang untuk mendapatkan akses ke gudang senjata polisi di markas besar berhasil digagalkan secara total dan tepat," tutup pernyataan polisi. [] Gesang

Posting Komentar untuk "Militan Bersenjata Lancarkan Serangan di Sebuah Penjara Tenggara Nigeria"

close