Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pigai Keberatan Separatis OPM Disebut Teroris: Mereka Freedom Fighter…



Jakarta, Visi Muslim-  Aktivis Papua Natalius Pigai tak ingin label kelompok teroris disematkan kepada Organisasi Papua Merdeka (OPM). Menurut Pigai OPM adalah freedom fighter yang ditopang konvensi Jenewa dan hukum humaniter sebagai kombatan dan organisasi yang pernah hadir di PBB.

“Saat ini pun sering hadir di berbagai forum PBB sebagai penentang kejahatan koloni atau decolonisasi,” kata Natalius Pigai dalam keterangan tertulis, Senin (26/4).

Pigai mengklaim, simbolsimbol OPM tidak menganut ideologi maut. OPM, kata Pigai adalah organisasi yang memperjuangkan kemerdekaan dan pembebasan yang memiliki simbol-simbol negara bangsa (nation state simbols).

Yaitu, urai Pigai, OPM memiliki bendera Bintang Kejora, dan lambang negara burung Mamburuk, lagu kebangsaan hai tanahku Papua, wilayah kartografi yang terbentang dari Sorong hingga Merauke, ada rakyat yakni bangsa melanesia berkulit hitam.

“Karena itu OPM tidak menganut ideologi maut tetapi ideologi kebebasan (freedom fighter),” tekan Pigai tanpa menjelaskan apa yang dimaksudkan dengan ‘Ideologi maut’, padahal OPM telah melakukan serangkaian pembunuhan dan pembantaian.

Usai terjadi penembakan terhadap Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua, Mayjen anumerta I Gusti Putu Danny Karya Nugraha, BIN kini menyematkan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua sebagai Kelompok Separatis dan Teroris (KST). [] Eramuslim

Posting Komentar untuk "Pigai Keberatan Separatis OPM Disebut Teroris: Mereka Freedom Fighter…"