Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Presiden Kyrgyzstan, Sadyr Zhaparov Bertemu Ketua Parlemen Korea Selatan Park Byeong-seug Bahas Kerjasama Bilateral



Bishkek, Visi Muslim- Presiden Kyrgyzstan Sadyr Zhaparov pada hari Senin, (5/4/2021) bertemu dengan Ketua Majelis Nasional Republik Korea Park Byeong-seug.

Kedua belah pihak membahas aspek kerjasama antar-parlemen, politik, perdagangan-ekonomi dan budaya-kemanusiaan, dikutip dari layanan pers presiden Kyrgyzstan.

Zhaparov mencatat bahwa saat ini ada kebutuhan untuk lebih memperkuat hubungan bilateral, guna mencapai tingkat interaksi yang baru antar negara, dia juga menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Sadyr Zhaparov mencatat potensi besar perdagangan dan kerja sama ekonomi antar kedua negara, yang menjanjikan bagi Kyrgyzstan dan Korea Selatan. Dia mengundang pemerintah kedua negara untuk bekerja sama ke arah tersebut, ia mengungkapkan harapan bahwa melalui upaya bersama para pihak dapat meningkatkan volume perdagangan.

Pemimpin negara mayoritas muslim di Asia Tengah itu juga menekankan bahwa Kyrgyzstan saat ini telah mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk menciptakan iklim investasi yang menguntungkan.

"Untuk tujuan ini, kami melakukan reformasi politik dan sosial ekonomi di dalam negeri, termasuk yang bertujuan untuk memberikan jaminan yang diperlukan bagi investor asing, keterbukaan ekonomi, perdagangan liberal, penguasaan devisa dan basis pajak yang menguntungkan," kata Zhaparov.

Dia meminta pengusaha Korea untuk berinvestasi lebih banyak dalam ekonomi Kyrgyzstan dan ia sangat menghargai dukungan finansial dan teknis yang diberikan oleh Korea melalui Korea International Cooperation Agency (KOICA) dan Economic Development and Cooperation Fund (EDCF).

Zhaparov juga meluahkan minatnya untuk memperluas kerja sama bilateral di bidang pendidikan, menyarankan pihak Korea untuk mempertimbangkan peningkatan kuota untuk program pendidikan beasiswa bagi siswa dari Kyrgyzstan, serta pelaksanaan program pertukaran untuk siswa dan guru.

Pada gilirannya, Ketua Majelis Nasional Republik Korea Park Byeong-seug menekankan kesediaan dan kesiapan pihak Korea untuk bekerja sama di berbagai bidang dan secara aktif berpartisipasi dalam perkembangan progresif di Kyrgyzstan.

Ia mengungkapkan niat pihak Korea untuk memperluas investasi di Kyrgyzstan, karena kedua negara memiliki titik kontak yang sama, termasuk di bidang kebudayaan.

Dalam pembicaraan tersebut juga membahas kesiapan kedua belah pihak untuk memperdalam kerja sama di bidang lain, yang kini sempat terhenti akibat pandemi virus corona.

"Saya berharap Anda berhasil dalam memerangi penyakit ini, kami siap bekerja sama ke arah ini di masa depan. Kyrgyzstan adalah negara yang menarik bagi kami dalam hal kerja sama. Anda memiliki alam yang kaya dan segala kondisi untuk pengembangan pariwisata. Kami adalah siap memperdalam kerja sama kita, "kata Park Byeong-seug.

Sadyr Zhaparov juga menyatakan kesiapan dan keterbukaannya untuk kerjasama lebih lanjut yang komprehensif dan saling menguntungkan dengan Korea Selatan. [] Gesang

Posting Komentar untuk "Presiden Kyrgyzstan, Sadyr Zhaparov Bertemu Ketua Parlemen Korea Selatan Park Byeong-seug Bahas Kerjasama Bilateral "