Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Survei PDIP Partai yang Bersih dari Korupsi, Rocky Gerung Ketawa Geli: Hahaha Salah Baca Kali…



Jakarta, Visi Muslim- Pengamat politik, Rocky Gerung tertawa mendengar hasil lembaga survei Puspoll Indonesia yang menyebut PDI-Perjuangan sebagai partai politik yang paling bersih dari kasus korupsi dibanding semua partai lainnya. Rocky nampak tidak mempercayai survei tersebut.

“Hahahaha, iya mungkin salah baca kali responden pertanyaannya. Harusnya Partai mana yang perlu dibersihkan. Nah itu mestinya pertanyaannya, hahaha,” kata Rocky Gerung dikutip kalan YouTube Rocky Gerung Official, Selasa (25/5).

Rocky Gerung menilai, hasil survei itu sebagai upaya untuk mempercantik Partai menjelang Pilpres 2024.

Padahal, publik juga tahu, bahwa sejumlah kasus korupsi banyak menyeret kader PDI-P sepanjang periode pertama dan kedua Presiden Joko Widodo.

“Kelihatannnya ada upaya untuk mempercantik seseorang. Oleh karena itu partainya mesti dibekali dengan hasil survei. Jadi seolah hasil survei itu akan merubah prespsi rakyat. Ini sebetulnya kekenyolannya. Kan dengan muda orang buka jejak digital dari era periode pertama yang ditangkap (kader) PDIP melulu,” ungkap Rocky Gerung.

Rocky kemudian berseloroh bahwa mungkin saja lembaga survei itu hanya melakukan survei di internal PDIP saja. Dengan wawancara para kader PDIP.

“Jadi mungkin yang dimaksud adalah itu partai yang paling bersih karena yang disurvei adalah (orang) PDIP sendiri tuh. Jadi internal survei,” ungkapnya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Puspoll Indonesia, Muslimin Tanja mengatakan tingkat elektabilitas partai politik tertinggi adalah PDI Perjuangan dengan 22,3 persen.

Kemudian, posisi kedua diisi Partai Gerindra dengan elektabilitas sebesar 13,4 persen. Selanjutnya, PKB dengan tingkat elektabilitas 9,2 persen dan Partai Golkar sebesar 8,4 persen.

Selain itu, PKS sebesar 7,4 persen; Partai Demokrat sebanyak 5,3 persen; Partai Nasdem sekitar 4,3 persen; PPP sebesar 2,8 persen; PAN hanya 1,8 persen; dan partai lainnya masih dibawah 1 persen.

Muslimin menambahkan PDI Perjuangan masih menjadi partai misalnya diuji dengan siapa yang paling bersih dari kasus korupsi yakni sebesar 15,7 persen. Memang, jumlah ini turun dari hasil elektabilitasnya yang 22,3 persen.

“Kalau misalnya diuji siapa sih yang paling bersih dari kasus korupsi dan pro pemberantasan korupsi, itu PDIP masih tertinggi 15,7 persen,” ujarnya.

Survei Puspoll Indonesia dilakukan pada periode 20-29 April 2021, dengan sampel sebanyak 1.600 responden yang tersebar di 34 provinsi. Sedangkan, metodenya melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner terstruktur.

Adapun survei ini menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error ± (2,45 persen) pada tingkat kepercayaan 95 persen, dan usia minimum responden 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilih. [FIN]

Posting Komentar untuk "Survei PDIP Partai yang Bersih dari Korupsi, Rocky Gerung Ketawa Geli: Hahaha Salah Baca Kali…"