Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umat Muslim dari Kota-kota di Turki Hingga Bosnia Herzegovina Turun ke Jalan dalam Aksi Solidaritas untuk Palestina dan Masjid Al-Aqsa



Ankara, Visi Muslim- Kehadiran Yahudi dan upaya Israel merebut rumah warga Palestina di Distrik Sheikh Jarrah Yerusalem dan serangan keji di Masjid al-Aqsa diprotes oleh banyak yayasan, asosiasi dan organisasi non-pemerintah di seluruh Turki, Senin malam, (10/5/2021). 

Demonstrasi dukungan untuk solidaritas muslim Palestina digelar usai shalat tarawih yang juga diadakan di 10 kota berbeda di Turki dengan judul “Aqsa Bukan Tanpa Pemilik” oleh Köklü Değişim Media.

Sedangkan aksi demonstrasi di Istanbul berlokasi di konsulat Israel di Levent, Konsulat AS di Adana, Masjid Melike Hatun di Ankara, Alun-Alun Masjid Ulu di Bursa, Masjid Balıklıgöl Dergah di Şanlıurfa, Masjid Hz. Ömer, Masjid Ulu di Mersin, Kahramanmaraş dan Gaziantep, dan Depan Kompleks Masjid Hatay.

Dalam pernyataan pers yang dibuat pada demonstrasi tersebut, ditegaskan bahwa kecaman yang dilontarkan para pemimpin muslim sangatlah lemah dan bahwa satu-satunya cara untuk melindungi Masjid al-Aqsa dan menyelamatkan Palestina dari pendudukan Yahudi adalah dengan memobilisasi tentara Muslim. Demonstrasi yang berlangsung dalam suasana yang bersemangat juga menggemakan takbir dan meneriakkan yel-yel Khilafah, doa-doa untuk umat Islam Palestina dan seluruh umat Islam juga disertakan.

Agresi Yahudi terhadap Palestina dan Masjid Al-Aqsa diprotes di seluruh penjuru Turki oleh banyak organisasi non-pemerintah dan organisasi Muslim kritis lainnya.

ISTANBUL

Sejumlah besar organisasi non-pemerintah seperti Asosiasi Pemuda Anatolia (AGD) dan Yayasan Pemuda Turki (TÜGVA) turun ke jalan dengan membawa papan bertuliskan dukungan terhadap warga Palestina dan Al-Aqsa di depan Konsulat Istanbul. Muslim Palestina yang tinggal di Turki juga turut berpartisipasi dalam demonstrasi dan meneriakkan slogan "kirim Mehmetçik (Tentara Turki) ke Gaza."

ANKARA

Puluhan ribu Muslim dari Ankara yang berkumpul untuk memberikan solidaritas kepada umat muslim Palestina dan Masjid Aqsa berbaris ke kedutaan Zionis dengan membawa spanduk dan poster bertuliskan, "Keluar dari Palestina, Israel pembunuh'. Dalam protes yang berlanjut hingga larut malam. Organisasi Memur-Sen dan beberapa organisasi non-pemerintah juga mendukung demonstrasi tersebut.

KONYA

Organisasi non-pemerintah di Konya memprotes aparat bandit Yahudi yang menyerang warga Palestina yang menjaga Masjid Al-Aqsa.

Anggota Platform Organisasi Masyarakat Sipil Konya berkumpul di Lapangan Mevlana setelah shalat tarawih dan meneriakkan slogan-slogan menentang "Israel".

Mereka juga membuat pernyataan pers atas nama kelompok tersebut, Muhsin Görgülügil, Presiden Platform Organisasi Masyarakat Sipil Konya, mengatakan bahwa mereka berkumpul untuk menunjukkan sikap mereka terhadap upaya "Israel" menduduki dan merampas Masjid al-Aqsa.

BURSA

Organisasi non-pemerintah di Bursa memprotes serangan entitas pendudukan "Israel" di Masjid al-Aqsa.

Anggota Civil Society Organizations Platform Bursa berkumpul di Democracy Square dan meneriakkan slogan-slogan menentang "Israel".

Pernyataan pers juga diberikan atas nama kelompok ini, Ketua wilayah organisasi Memur-Sen di Bursa, Gökhan Yünkül mengatakan bahwa mereka tidak akan diam, tidak akan menyerah, dan tidak akan tunduk pada kedzaliman sampai pendudukan berakhir dan penganiayaan Zionis selesai. Usai pidato, orang-orang dalam kelompok itu berdoa memohon dukungan kepada warga Palestina.

IZMIR

Asosiasi dan yayasan yang tergabung dalam Izmir Non-Governmental Organizations Platform (İZTOK) mengutuk serangan polisi "Israel" terhadap warga Palestina yang sedang berjaga di Masjid al-Aqsa.

Masa berkumpul dalam siaran pers yang diadakan di Lapangan Konak, mereka meneriakkan slogan-slogan menentang "Israel".

Pernyataan atas nama kelompok tersebut juga dibacakan, Presiden İZTOK Ali Mamak menyatakan bahwa mereka mengutuk serangan brutal yang dilakukan oleh Israel selama Ramadhan yang diberkati.

BOSNIA DAN HERZEGOVINA

Pesan dukungan juga dikirim dari Sarajevo, ibu kota Bosnia dan Herzegovina, kepada orang-orang Palestina, yang diserang oleh kehadiran Yahudi di Yerusalem yang diduduki, dengan tema "Selamün Alaiküm Masjid-i Aqsa". 

Dengan pesan "Selamün Alaikum Masjid-i Aqsa" yang juga di pasang di papan reklame ibu kota oleh Perwakilan Persatuan Demokrat Internasional (UID) di Bosnia dan Herzegovina, disebutkan bahwa penduduk Sarajevo bersama dengan Palestina.

Selain itu, banyak Muslim mengadakan demonstrasi mendukung Palestina di kota-kota seperti Malatya, Adana, Adıyaman, Balıkesir, Tokat, Niğde, Nevşehir, Çanakkale, Van, Şırnak dan Muş, dan di beberapa provinsi lainnya. [] Gesang 

Posting Komentar untuk "Umat Muslim dari Kota-kota di Turki Hingga Bosnia Herzegovina Turun ke Jalan dalam Aksi Solidaritas untuk Palestina dan Masjid Al-Aqsa"