Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pancasila atau Al-Qur’an? UIY: Muslim Sejati Jelas Pilih Al-Qur’an

 


Jakarta, Visi MuslimMenanggapi pertanyaan “Pancasila atau Al-Qur’an” dalam tes wawasan kebangsaan (TWK) untuk para pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Cendekiawan Muslim Ustaz Muhammad Ismail Yusanto (UIY) mengatakan Muslim sejati jelas jawabannya adalah Al-Qur’an.

“Bagi Muslim sejati saya kira sangat jelas pilihannya atau jawabannya, karena Al-Qur’an itu adalah bagian dari akidah kita sebagai seorang Muslim,” ujarnya dalam acara Diskusi Online Media Umat: Pancasila atau Al-Qur’an? (Mengkritisi TWK KPK) Ahad, (13/6/2021) di kanal YouTube Media Umat.

Sebab, menurut UIY, salah satu rukun iman itu adalah percaya pada kitab yang diturunkan oleh Allah, bahkan bukan hanya Al-Qur’an tapi juga kitab-kitab sebelum Al-Qur’an, meskipun wujudnya saat ini tidak diketahui karena sudah banyak penyimpangan-penyimpangannya.

“Jadi karena itu maka jelas bahwa jika diminta untuk memilih maka pilihannya jelas akan tidak ada lain kecuali memang Al-Qur’an,” tegasnya.

UIY menilai, selama ini sering dikatakan bahwa Pancasila itu bersumber dari nilai-nilai agama, bersumber dari Al-Qur’an. Bahkan ditunjukkan sila pertama ayatnya apa, sila kedua ayatnya apa, dan seterusnya. Menurut UIY, hal itu adalah suatu usaha yang dilakukan agar penerimaan Pancasila di kalangan umat Islam meningkat.

Tapi melalui pertanyaan ‘Pilih mana, Pancasila atau Al-Qur’an?’ tersebut, UIY melihat hal itu telah membuka kotak pandora bahwa ternyata melalui pertanyaan itu Pancasila dan Al-Qur’an memang sesuatu yang berbeda. Sehingga Pancasila dan Al-Qur’an itu harus dipilih salah satunya.

“Saya kira pertanyaan itu, kalau kita coba menelisik lebih jauh itu adalah pertanyaan yang sesungguhnya mungkin bersemayam di sekian banyak orang, yang selama ini tertahan tidak terucapkan,” pungkasnya.[] Agung Sumartono

Posting Komentar untuk "Pancasila atau Al-Qur’an? UIY: Muslim Sejati Jelas Pilih Al-Qur’an"