Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PPKM Diperpanjang Meski Kasus Menurun, Menkes: Tetap Eling lan Waspada!



Jakarta, Visi Muslim- Memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diputuskan pemerintah, meski data angka kasus Covid-19 sudah mulai menurun.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, keputusan pemeritah untuk memperpanjang PPKM hingga sepekan ke depan hingga tanggal 6 September 2021 tidak terlepas dari upaya menurunkan kasus aktif yang masih sekitar 200 ribuan hingga menjaga tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit.

Pasalnya, Budi menyatakan bahwa pemeirntah juga masih melihat potensi penularan yang cukup tinggi di masyrakat. Sehingga Presiden Joko Widodo memutuskan untuk memperpanjang PPKM baik di sejumlah wilayah di dalam maupun luar Pulau Jawa dan Bali.

"Di Ratas tadi Bapak Presiden memberikan pesan agar kita mensyukuri turunnya semua kasus konfirmasi dan juga BOR (bed occupancy rate) rumah sakit. Beliau juga memastikan agar dipesankan kita semua harus hati-hati, tetap eling lan waspada," ujar Budi dalam jumpa pers virtual Senin malam (30/8).

Kewaspadaan tersebut, imbuh Menkes, juga ditekankan Presiden karena melihat peningkatan kasus Covid-19 yang terjadi di negara lain. Selain itu, Indonesia juga harus belajar dari data dan pengalaman sebelumnya.

Budi memaparkan, lonjakan kasus yang terjadi pada awal Januari dan Juli tahun ini semuanya disebabkan karena adanya peningkatan mobilitas masyarakat.

"Peningkatan mobilitas yang luar biasa, yang selalu diikuti seminggu atau dua minggu sesudahnya dengan kenaikan jumlah kasus yang nanti akan sampai di puncaknya dalam 4-8 minggu," demikian Budi. rmol.id

Posting Komentar untuk "PPKM Diperpanjang Meski Kasus Menurun, Menkes: Tetap Eling lan Waspada!"