Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sekat - Sekat Imajiner Sistem Kapitalisme




Oleh: Ahmad Rizal (Direktur ELFIKRA)


Ideologi kapitalis tidak bekerja berdasarkan penghapusan ide nasionalisme. Akan tetapi ideologi kapitalisme mengakui ide nasionalisme dan mengakui batas-batas negara yang ada. Karena itu, negara-negara kapitalis memutuskan kemerdekaan bangsa-bangsa di negara-negara yang terpisah dalam batas-batas yang digariskan dalam perjanjian-perjanjian internasional termasuk perjanjian Wina tahun 1815. Terjadi berbagai peperangan diantara negara-negara kapitalis itu karena dorongan nasionalisme. Negara-negara kapitalis mengambil sifat nasionalisme dan patriotisme dan menjaganya dengan bersandar kepada ideologi kapitalisme. 

Sebagian negara kapitalis berperang satu sama lain karena kedaulatan nasional dan partriotisme serta kepentingan-kepentingan imperialisme, padahal semuanya dibangun di atas ide kapitalisme dan ide itu diusung kepada pihak lain. Sampai-sampai mereka mendefinisikan negara secara rancu dengan mengatakan bahwa negara terbentuk dari kekuasaan, rakyat dan daerah yang dibatasi. 

Syaikh Taqiyyudin an-Nabhani memaparkan alasan mengapa nasionalisme tidak mampu menjaga persatuan dan kesatuan. Pertama: kualitas ikatannya rendah. Ia tidak mampu mengikat manusia yang satu dengan manusia yang lainnya tatkala mewujudkan persatuan. Kedua: ikatannya hanya bersifat emosional dan muncul secara spontan dari naluri mempertahankan diri, selain adanya peluang selalu berubah-ubah. Ketiga: Ikatan ini bersifat temporal, akan meningkat ketika ada ancaman dari luar, sebaliknya pada saat keadaan normal atau aman ikatan ini tidak berarti sama sekali. (An-Nabhani, Nizham al-Islam).

Selain terbukti merugikan umat, nasionalisme juga bertentangan dengan Islam, sebagaimana sabda Rasululullah saw., “Bukan termasuk umatku orang yang mengajak pada ‘ashabiyah; bukan termasuk umatku orang yang berperang atas dasar ‘ashabiyah; bukan termasuk umatku orang yang mati atas dasar ‘ashabiyah (nasionalisme dan tribalisme).” (HR Abu Dawud).

Pernah pada masa Rasulullah saw., salah seorang tokoh Yahudi bernama Syas bin Qais—yang sangat benci dengan persatuan dua suku besar penghuni Kota Madinah Aus dan Khazraj dalam ikatan Islam—membuat makar dengan mengirim seorang penyair agar membacakan syair-syair Arab Jahiliah yang biasa mereka pakai dalam Perang Buats. Penyair itu berhasil. Perasaan kebangsaan dan kepahlawanan kaum Aus maupun Khazraj itu memuncak hingga mereka lupa bahwa mereka sesama Muslim. Yang Aus merasa Aus dan yang Khazraj merasa Khazraj. Dalam puncak emosi menyulut perang itu mereka akhirnya berteriak-teriak, “Senjata-senjata!”

Pada saat genting itulah Rasulullah saw. datang dan merelai mereka. Rasul saw. lalu bersabda, “Wahai kaum Muslim, apakah karena seruan Jahiliah ini (kalian hendak berperang), padahal aku ada di tengah-tengah kalian, setelah Allah memberikan hidayah Islam kepada kalian. Dengan Islam itu Allah memuliakan kalian. Dengan Islam Allah memutuskan urusan kalian pada masa Jahiliyah. Dengan Islam itu Allah menyelamatkan kalian dari kekufuran. Dengan Islam itu pula Allah mempertautkan hati-hati kalian.” Serta-merta kaum Anshar itu segera menyadari bahwa perpecahan mereka itu adalah dari setan dan tipuan kaum kafir sehingga mereka menangis dan berpelukan satu sama lain. Lalu mereka berpaling kepada Rasulullah saw. dengan senantiasa siap mendengar dan taat. (Sirah Ibnu Hisyam, 1/555).

Umat Islam adalah saudara dengan tidak mengenal suku, warna kulit, maupun batas teritorial, sebagaimana Rasulullah saw. mempersatukan kaum Muhajirin dan Anshar dengan satu landasan akidah Islam, bukan karena landasan nasionalisme. Sesungguhnya orang-orang Mukmin itu bersaudara (TQS al-Hujurat [49]: 10).

Umat Islam juga diwajibkan hidup dalam satu kepemimpinan seorang khalifah dalam institusi Negara Khilafah, bukan justru mengadopsi konsepsi nation-state yang dipimpin oleh puluhan presiden atau raja seperti saat ini. “Jika dibaiat dua orang khalifah(kepala negara) maka bunuhlah yang terakhir dari keduanya.” (HR Muslim).

Karena itu nasionalisme melunturkan persaudaraan hakiki umat Islam, juga telah mencabik-cabik Negara Islam (Khilafah) menjadi negeri-negeri kecil tanpa perisai yang mampu menjaga kemuliaan umat.  

Posting Komentar untuk "Sekat - Sekat Imajiner Sistem Kapitalisme"

close