Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aduuh... Khitbah tapi Digantung, Begini Penjelasan Ust. Iwan Januar



Jakarta, Visi Muslim-  Direktur Institute Siyasah Ustaz Iwan Januar (UIJ) menegaskan bahwa jangan sekali-kali menggantung perasaan orang lain ketika proses khitbah.

"Yang dalam proses khitbah jangan sekali-kali menggantung perasaan orang lain, jangan sekali-kali menyusahkan proses yang dilakukan oleh orang lain," ungkapnya dalam kajian Serial Rumahku Surgaku di kanal Youtube Amazing People bertajuk Cinta Jangan Mau Digantung, Senin (13/9/2021).

Ia menjelaskan sabda Nabi, "Siapa yang menimpakan bahaya pada orang lain maka Allah timpakan bahaya kepadanya. Siapa yang menyusahkan orang lain, Allah menyusahkan dia."

"Jangan kita menyusahkan dan menimpakan mudharat pada orang lain. Karena itu semua kembali kepada kita," imbaunya.

Ia menilai, kalau ada orang yang memberikan bahaya pada orang lain, Allah timpakan bahaya kepada dirinya. Kalau ada orang menyusahkan orang lain, Allah menyusahkan dia. Na'udzubillah.

"Yang pengen hidupnya lancar, hidupnya tenang enggak ada bahaya maka permudah urusan orang lain," tuturnya.

Ia menambahkan, termasuk ketika dalam khitbah, ternyata kalau enggak bisa lanjut atau belum ada kepastian kapan tanggal tayangnya, maka selesaikan dulu untuk segera menikahi atau yang kedua batalkan dulu. Dengan baik-baik sampaikan kepada kedua orangtuanya, pada akhwatnya.

"Mudah-mudahan masing-masing mendapatkan takdir yang terbaik dari Allah SWT. Harus rela, harus ridha, harus ikhlas dari ketetapan Allah SWT," tandasnya. [] Munamah

Posting Komentar untuk "Aduuh... Khitbah tapi Digantung, Begini Penjelasan Ust. Iwan Januar"