Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Survei Prabowo Anjlok, Pengamat Bilang Akibat Beri Pujian ke Presiden Jokowi



Jakarta, Visi Muslim-  Pengamat politik Universitas Andalas Asrinaldi membeberkan alasan yang membuat elektabilitas Prabowo Subianto mengalami penurunan berdasarkan sejumlah hasil survei terakhir.

Menurut dia, penurunan elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra itu akibat melakukan blunder terbesar yaitu memberikan pujian kepada Presiden Jokowi di depan publik.

“Dikatakan Jokowi berhasil dan semangat bekerja. Ya, oke, tetapi tidak perlu diekspos begitu, seolah-olah dia mencoba menarik simpati pendukung Jokowi,” kata Asrinaldi dikutip dari JPNN.com, Senin (6/9)

Asrinaldi menilai, tindakan yang dilakukan oleh Prabowo Subianto itu mengakibatkan para pendukungnya beralih mendukung yang lain.

“Jadi, akhirnya kita bisa maklumi itu berdampak,” lanjutnya.

Dosen ilmu politik itu kemudian menyebutkan jika ada kenaikan simpatisan Jokowi yang mendukung Menteri Pertahanan itu lantaran merasa simpati.

Namun, presentase kenaikan tersebut tidak banyak.

“Pendukung dia kalau melihat seperti itu kesannya mencari muka atau apalah namanya, elektabilitas Prabowo turun besar sekali,” kata Jamiluddin.

Maka dari itu, ia menyarankan agar Prabowo Subianto untuk lebih berhati-hati dalam melakukan tindakan di depan publik.

Jika tidak, hal itu akan berdampak pada dukungan terhadap dirinya pada kontestasi Pilpres 2024.

“Kalau memang dipaksakan maju tidak akan menang, karena sekarang banyak tokoh yang layak, dulu memang tidak ada,” jelasnya.

Saat ini, menurut Asrinaldi banyak tokoh dari kepla daerah dan tokoh-tokoh anak muda progresif yang akan meramaikan pemilihan presiden itu.

Ia pun menyebut beberaa nama seperti Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono, Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo.

“Saya berpikir itu yang akan bersaing nantinya. Jadi, Prabowo ini sudah lewat masanya. Momentumnya sudah tidak pas lagi,” kata dia.

Berdasarkan survei terakhir yang dilakukan Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Prabowo Subianto justru menunjukkan penurunan.

Dari elektabilitas 10, 26 di bulan Mei 2021, turun menjadi hanya mendapatkan 10,08 persen di bulan Agustus 2021. [Fajar]


Posting Komentar untuk "Survei Prabowo Anjlok, Pengamat Bilang Akibat Beri Pujian ke Presiden Jokowi"

close