Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sempat Memanas, Bentrokan Kecil di Perbatasan Kyrgyzstan-Tajikistan Mulai Mereda



Oblast Batken, Visi Muslim- Situasi di perbatasan Kyrgyzstan-Tajikistan mereda setelah bentrokan kecil terjadi antara warga perbatasan kedua negara itu, laporan Dinas Perbatasan Kyrgyzstan.

Sebelumnya pada Sabtu, (25/12/2021) sekitar pukul 14:30 waktu setempat di bagian perbatasan yang disengketakan, di seberang desa Sai, wilayah Leilek, Oblast Batken, penjaga perbatasan Tajik bersiaga di wilayah pos mereka. Selain itu, personel militer Tajikistan berkumpul di wilayah Tajikistan, di seberang desa Damba dan Maksat Kyrgyzstan.

Sekitar pukul 19:40 di ruas jalan Osh-Batken-Isfana di kawasan Eki-Tash desa Kok-Tash 3-4 warga Tajikistan melemparkan batu ke 4 mobil warga Kyrgyzstan. Akibatnya, mobil mereka mengalami berbagai kerusakan. Tidak ada warga Kyrgyzstan tidak terluka dalam kejadian tersebut.

Kepala pos perbatasan Kok-Tash di Kyrgyzstan, yang tiba di tempat kejadian, melepaskan 3 tembakan peringatan ke udara, setelah itu warga Tajikistan melarikan diri jauh ke wilayah mereka.

Segera setelah insiden itu, sebuah pertemuan diadakan antara kepala pos perbatasan Kyrgyzstan dan Tajikistan, guna untuk menstabilkan situasi dengan mengerahkan patroli perbatasan tambahan. Pihak Tajik mengumumkan bahwa mereka sedang mencari mereka yang terlibat dalam insiden tersebut.

Dinas Perbatasan Komite Negara untuk Keamanan Nasional Republik Kyrgyzstan memantau dan mengendalikan situasi di daerah ini.

Dua warga perbatasan negara muslim di Asia Tengah ini memang sering mengalami bentrok kecil hanya karena masalah-masalah sepele yang  memicu panasnya hubungan kedua belah pihak. [] Gesang

Posting Komentar untuk "Sempat Memanas, Bentrokan Kecil di Perbatasan Kyrgyzstan-Tajikistan Mulai Mereda"