Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ma’al Hadits Syarif: Kami Seperti Bangunan yang Rapat dan Kokoh

 


Telah menceritakan kepada kami Khallad bin Yahya berkata, telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Abu Burdah bin ‘Abdullah bin Abu Burdah dari Kakeknya dari Abu Musa dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda:

«المُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا وَشَبَّكَ بَيْنَ أَصَابِعِه»

Sesungguhnya seorang mukmin dengan mukmin lainnya seperti satu bangunan yang saling menguatkan satu sama lain. Kemudian beliau menganyam jari jemarinya.” (HR. Bukhari).

Wahai Saudaraku Tercinta:

Sebaik-baik ucapan adalah kalam Allah SWT, dan sebaik-baik petunjuk adalah tuntunan Nabi-Nya, Muhammad bin Abdullah SAW. Ammā ba’du!:

Hadits yang mulia ini memberi tahu kita bagaimana seharusnya orang-orang beriman terhadap satu sama lain. Beliau ‘alaihi ash-shalātu wa as-salāmu memberi tahu kita bahwa orang-orang beriman bagi satu sama lain seperti bangunan yang rapat dan kokoh, artinya mereka saling membantu dan menguatkan tangan satu sama lain, mereka satu sama lain saling menolong dan mendukung, bahkan mereka itu adalah satu tubuh yang bekerja dalam selaras dan harmonis. Kita semua wajib bersama-sama menutupi celah-celah Islam, dan menjaganya agar tidak dimanfaatkan orang lain untuk merusak Islam dari dalam.

Begitulah apa yang dapat kita pahami dari hadits agung ini, bahwa seorang Muslim harus menjadi pembela dan pelindung bagi saudaranya, peduli dengan urusannya, dan serius pada kepentingannya yang diridhai Allah subhānahu wa ta’āla, serta kepentingan yang akan menjaga eksistensi dan martabat kaum Muslim. Maka, melalui persatuan, kita akan menjadi kuat dan membuat musuh ketakutan. Sebaliknya dengan perpecahan, kita akan menjadi lemah dan menjadi mangsa empuk bagi musuh agama dan kaum Muslim.

Kami memohon kepada Allah untuk menjaga kami dan agama kami, menyatukan kami atas dasar agama, dan menyatukan kami di bawah naungan seorang Khalifah yang memerintah dengan Kitab Allah dan Sunnah Nabi-Nya ‘alaihi ash-shalātu wa as-salāmu. [Dr. Maher Shaleh rahimahullah ta’ala]

Sumber: hizb-ut-tahrir.info, 26/01/2022.

Posting Komentar untuk "Ma’al Hadits Syarif: Kami Seperti Bangunan yang Rapat dan Kokoh"