Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Berharap Membangun Hubungan Trilateral antara Israel-India-Emirat



Tel Aviv, Visi Muslim- Selain kesepakatan normalisasi antara Israel dan beberapa negara Arab dan Teluk, Israel berharap untuk mengembangkan hubungan dengan India, guna membangun hubungan "segitiga antara Israel-India-Emirat," Sabtu, (12/2/2022).

Dalam pertemuan pertama yang diadakan pada Oktober 2021 tahun lalu, antara menteri luar negeri India, Uni Emirat Arab (UEA), Israel dan AS, diputuskan untuk membentuk forum internasional untuk kerja sama ekonomi.

Yoel Guzinsky, seorang peneliti di Institut Studi Keamanan Nasional di Universitas Tel Aviv dan pakar negara-negara Teluk, menyatakan: "New Delhi baru-baru ini melanjutkan pembicaraan untuk mempromosikan perjanjian perdagangan bebas dengan Israel dan UEA."

Menurut Guzinsky, ini sebagai imbalan atas kepentingan Israel dalam meningkatkan kehadiran militer India di Laut Arab dan Laut Merah untuk menghadapi ancaman Iran. Guzinsky percaya akan tepat untuk mengintensifkan kerja sama tripartit untuk memastikan kebebasan navigasi di wilayah tersebut.

Guzinsky, mantan pejabat Kantor Perdana Menteri dan sarjana tamu di Universitas Stanford itu menambahkan: "Kedekatan geografis dari tiga negara: Israel, UEA dan India, membuat mereka lebih mudah untuk mengimplementasikan proyek bersama untuk penyulingan dan petrokimia."

Dia menambahkan bahwa Israel akan menggunakan tenaga kerja yang besar, profesional dan murah untuk mengendalikan aspirasi ekspansionis China dan Rusia.

AS tertarik mendorong India untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan kawasan Teluk sebagai penyeimbang China dan sarana untuk mengurangi partisipasinya di kawasan.

Pada saat yang sama, Israel tidak menyembunyikan ketakutan India tentang kerja sama ekonominya dengan China, meskipun negara Bollywood itu berusaha untuk meningkatkan kehadirannya di Timur Tengah termasuk hubungan perdagangannya dengan Israel.

Sementara itu, konsolidasi hubungan antara negara-negara Teluk dan China, saingan India, dapat menarik pemain Asia lainnya.

Guzinsky mengatakan bahwa hubungan historis antara UEA dan India akan membantu memperkuat hubungan antara India, Israel, dan UEA melalui kerja sama trilateral di banyak bidang, termasuk energi, kedokteran, pertanian, dan keamanan.

Dia menambahkan bahwa ini dapat dicapai: "Melalui hubungan yang saling melengkapi di antara mereka: Israel memiliki teknologi maju, India menyediakan kemampuan produksi, dan negara Teluk memiliki kebutuhan dan sumber pendanaannya."

Diperkirakan volume perdagangan antara Israel, India dan UEA akan mencapai $100 miliar pada akhir dekade ini, dan dalam hal hubungan militer, India adalah importir utama senjata Israel. [] Gesang 

Posting Komentar untuk "Israel Berharap Membangun Hubungan Trilateral antara Israel-India-Emirat"