Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prof. Suteki: Penguasa Tersandera Janji kepada Cukong

 


Jakarta, Visi MuslimPakar Hukum Masyarakat Prof. Dr. Suteki, S.H., M.Hum. menyatakan penguasa tersandera janji-janji yang dulu dijanjikan kepada cukong.

“Menurut pengamatan saya, penguasa tersandera oleh janji-janji yang dulu dijanjikan kepada cukong itu,” tuturnya dalam Diskusi Online Media Umat: Negara Semakin Tak Berdaya? di kanal YouTube Media Umat, Ahad (13/2/2022).

Menurutnya, berdasarkan keterangan ICW dan Mahfud MD, bahwa Pilkada itu ternyata 80% justru didanai oleh cukong. “Ketika pilkada didanai oleh cukong. Apakah tidak mungkin pilpres juga didanai oleh cukong?” ujarnya.

Ia melihat, ada pengendalian dari luar, bahkan UU yang ada itu tidak lain mencontek beberapa peraturan UU dari luar. “Jadi dikendalikan kita, bukan hanya orang dalam, tapi juga dari luar negeri. Maksudnya mengendalikan bagaimana penyusunan perundang-undangan agar sesuai dengan para investor itu, para bankir itu,” jelasnya.

Ia memandang, ada pola yang sama dari waktu ke waktu. “Dari zaman Eropa klasik itu namanya bankir, sama polanya pengusaha yang mengendalikan kekuasaan, termasuk dalam hukum itu dibentuk,” pungkasnya.[] Ajira

Posting Komentar untuk "Prof. Suteki: Penguasa Tersandera Janji kepada Cukong"