Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KKB Berulang, Islam Punya Solusi Cemerlang

 

Ilustrasi 


Oleh : Reni Adelina (Aktivis Dakwah) 


Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) sungguh meresahkan semua elemen masyarakat. Pihak keamanan pun di uji dengan tindakan kelompok tersebut. Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulang di bumi Cendrawasih. Dalam kasus terbaru, sebanyak 10 orang warga di Kampung Nogoliat, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua telah tewas karena diserang oleh Kelompok Bersenjata (KKB), pada Sabtu (16/7/2022). Polisi menyebut, sebagian korban tewas mengalami luka tembak dan sebagian lagi luka akibat senjata tajam. Sungguh perbuatan seperti ini tidak boleh dibiarkan terus-menerus. 

Kasus seperti ini terus berulang dan belum ditemukan penyelesaiannya secara tuntas. Hendaknya, semua elemen meningkatkan keamanan dan melakukan evaluasi kebijakan agar terciptanya keadilan, kesejahteraan, serta keutuhan negeri. 

Tindakan yang dilakukan KKB seharusnya diselidiki secara adil dan bijaksana. Apa penyebab adanya serangan ini? Mengapa terus berulang? Apakah ada kecemburuan karena kesenjangan sosial di sana?Seyogyanya, sikap separatisme yang dilakukan oleh kelompok tersebut harus dikembalikan kepada ketaatan kepada imam atau pemimpin. Dalam hal ini pemimpin negara pun harus bersikap benar dan bijaksana dalam memutuskan perkara ini. Mengerahkan secara maksimal sistem keamanan dan siasat politik agar tidak lagi ditemukan banyak korban di sana. 

Dalam Islam adapun solusi yang ditawarkan untuk menghadapi kelompok separatisme dilakukan dengan cara bertahap. Pertama, mengirim utusan dari negara untuk mengetahui penyebab pemberontakan. Kedua, jika tindakan pertama tidak berhasil dilakukan maka negara berusaha menasehati kelompok tersebut. Ketiga, jika kedua usaha itu pun tidak berhasil, maka negara memberikan ultimatum atau ancaman. Keempat, jika tindakan di atas tidak dapat diselesaikan, maka tindakan terakhir memerangi mereka sampai sadar dan kembali taat. 

Adapun memerangi KKB juga harus sesuai dengan syariat Islam. Ada adab berperang yang telah di atur dalam sistem yang paripurna. Islam tentunya mengatur secara rinci dan detail tentang perang. Kunci utama dalam penyelesaian masalah seperti ini harus kembali kepada peran negara yang tegas dan menggunakan sistem yang benar. 

Posting Komentar untuk "KKB Berulang, Islam Punya Solusi Cemerlang"