Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Polri ‘Babak Belur’, Jenderal Sigit Berharap Tak Ada Lagi Muncul Sosok Ferdy Sambo yang Lain



Jakarta, Visi Muslim- Kapolri Jenderal Listyo Sigit berharap ke depannya tidak ada lagi muncul sosok seperti Ferdy Sambo yang lain di tubuh Polri. Kasus mantan Kadiv Propam ini membuat Polri ‘babak belur’.

Kapolri mengaku tak bisa menyebut telah salah memilih Sambo sebagai Kadiv Propam Polri. Namun dia berharap tidak ada lagi muncul sosok seperti Ferdy Sambo yang lain di tubuh Polri.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan penjelasan atau jawaban terkait apakah telah salah memilih Ferdy Sambo sebagai Kadiv Propam Polri.

Ia mengaku tidak bisa memastikan apakah Polri sudah benar-benar salah memilih Ferdy Sambo sebagai Kadiv Propam.

“Saya tidak bisa mengatakan salah pilih,” ujar Kapolri Listyo Sigit Prabowo sambil tertawa kecil, dikutip dari kanal YouTube metrotvnews, Jumat (23/9/2022).

“Tapi yang jelas peristiwanya seperti itu,” tambahnya.

Jenderal Listyo hanya bisa berharap ke depannya tidak ada lagi sosok yang sama seperti Ferdy Sambo yang lainnya.

Kemudian Kapolri juga berharap agar pejabat yang menggantikan posisi Ferdy Sambo bisa melakukan tugasnya sebaik mungkin.

Dengan pengalaman yang sudah dialami beberapa bulan ini, diharapkan Kadiv Propam yang baru Irjen Syahardianto, tidak mengulangi kesalahan apapun, termasuk seperti yang dilakukan Ferdy Sambo.

“Tentunya pejabat yang baru dengan pengalaman dan peristiwa yang ada, kita juga tentunya kemudian melakukan screening pada Sabtu. Kita bicarakan dengan beberapa pejabat utama saat ini terpilih Kadiv Propam yang baru,” tandasnya.

“Dan saya minta yang bersangkutan betul-betul bisa melakanakan tugas pokok dan fungsinya untuk menjaga citra, menjadi keadilan yang terakhir,” sambung Listyo Sigit.

Padahal Listyo Sigit mengatakan, seharusnya Kadiv Propam bisa menjadi tameng terakhir apabila ada oknum polisi yang ‘main nakal’ di belakang.

“Memang biasanya terhadap perilaku-perilaku anggota yang kemudian dilihat oleh masyarakat menyimpang,” paparnya.

“Kemudian pada saat proses hukum ada keberpihakan yang dilakukan oleh penyidik ataupun hal-hal lain, jadi Propam lah tempat mengadu. Jadi memang disitu diawasi orang-orang yang berintegritas,” tegas kapolri.

Ferdy Sambo Diangkat Masa Kapolri Idham Aziz

Ferdy Sambo diangkat menjadi Kadiv Propam di masa Kapolri Idham Azis pada 16 November 2020 lalu.

Keputusan itu tertuang dalam surat telegram Kapolri nomor: ST/3222/XI/KEP/2020 tanggal 16 November 2020. Surat ditandatangani ASSDM Polri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan.

Jabatan Kadiv Propam Polri sempat kosong pasca meninggalnya Irjen Ignatius Sigit Widiatmono. Ignatius diketahui meninggal pada 30 Oktober 2020.

Ferdy Sambo diangkat menjadi Kadiv Propam Polri atau menjadi jenderal bintang dua di usia 47 tahun. Sambo merupakan lulusan atau alumni Akpol 1994.

Dengan kejadian pembunuhan Brigadir Joshua ini, Kapolri Jenderal Sigit berharap tidak ada lagi muncul sosok Ferdy Sambo yang lain di tubuh Polri. [Pojoksatu]


Posting Komentar untuk "Polri ‘Babak Belur’, Jenderal Sigit Berharap Tak Ada Lagi Muncul Sosok Ferdy Sambo yang Lain"