Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Potret Buram Generasi Tanpa Visi

Oleh : Zakiah Ummu Faaza

Seorang remaja berinisial M tewas usai menghentikan paksa satu unit truk yang tengah melaju dari Exit Tol Gunung Putri, Desa Gunung Putri, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Padahal Pemerintah Desa Gunung Putri telah melakukan pengawasan agar tidak ada kejadian penghentian paksa truk oleh remaja dan anak-anak.Diduga, remaja menghentikan paksa truk untuk membuat konten.

Kades Gunung Putri, Daman Huri, mengakui selama beberapa bulan terakhir pihaknya melakukan pengawasan melalui CCTV Exit Tol pada malam hari. Namun, peristiwa tertabraknya M pada Sabtu (14/1/2023) terjadi pada siang hari.

Miris melihat perilaku generasi saat ini yang minim visi, sibuk mengejar duniawi dan eksistensi serta harga diri. Yang nampak justru hanya potret betapa bobroknya generasi hari ini.  Terlalu banyak fenomena di dunia remaja yang mengkhawatirkan. Masa muda yang seharusnya diisi dengan segudang prestasi dan inovasi yang bisa membangun diri dan bangsa ini tersia-siakan dengan berbagai aktivitas semu, miskin manfaat, merusak diri dan masa depan, bahkan melanggar fitrah insaniyahnya.

Semua yang terjadi pada generasi muda Muslim ini bukan sepenuhnya kesalahan mereka. Banyak faktor yang saling berkelindan. Keluarga yang kurang membentengi iman anak-anaknya, kurang memerhatikan tumbuh kembang mereka sesuai aturan Islam, membuat banyak remaja banyak yang tidak paham konsep benar salah, baik buruk sesuai pandangan Sang Pencipta.Akibatnya mereka terjebak dalam pergaulan salah karena tak ada benteng iman sebagai imunitas ketika berinteraksi dengan dunia luar yang semakin liberal.

Masyarakat pun tidak memberikan dukungan positif bagi generasi muda karena masyarakat kini yang individualis semakin abai terhadap kontrol sosial. Asalkan bukan anak sendiri yang rusak, masa bodoh dengan nasib anak orang lain. Amar ma’ruf nahyi mungkar seakan hanya akan merugikan diri sendiri di zaman now ini.

Dan  hal ini makin parah ketika negara juga tak punya visi penyelamat generasi.Jadilah generasi mengikuti kemana arus bertiup, abai terhadap bahaya yang mengancam.

Dalam Islam pemuda sejatinya menjadi tumpuan dan harapan umat dimana mereka standarisasi  perilakunya hanya  berlandaskan Aqidah Islam  dimana segala perbuatannya merasa diawasi dan ada pertanggung jawabannya di akhirat kelak.Jadi bagaimana mungkin pemuda seperti ini akan melakukan hal yang tidak berguna,sia - sia bahkan sampai menghilangkan nyawa begitu saja.Selain itu kontrol masyarakat dengan beramar makruf nahi mungkar tentunya pemuda akan terjaga keberadaannya di tengah masyarakat Islam ditambah lagi negara  yang bertanggung jawab untuk membentuk remaja yang shalih sebagai generasi dambaan umat.

Hanya negara Islam yang memiliki visi mulia atas pemuda, juga memilki metode untuk menyelamatkanan generasi . Semoga segera tegak negara yg dapat menyelamatkan generasi. []

Posting Komentar untuk "Potret Buram Generasi Tanpa Visi"