Profesor Abd al-Fattah El-Awasi Terima “Anugerah Sains Dunia Islam”

Profesor Dr Abd al-Fattah El-Awasi menerima Anugerah Sains Dunia Islam
VisiMuslim - Profesor Dr Abd al-Fattah El-Awasi, Profesor Tamu yang sedang berkunjung ke UUM, hari Kamis, (01/03/2018) menerima penghargaan Anugerah Sains Dunia Islam (Islamic World Istanbul Science Award) (kategori Dunia Islam) sebagai pengakuan atas kontribusinya “memperkuat visi, kedalaman dan integrasi Dunia Islam, melalui upaya dan melalui gaya dan usaha yang bijaksana”.

Istanbul “Science” Award diberikan setiap tahunnya “untuk mendorong dan menghormati para ilmuwan dan institusi ilmiah yang telah mempersiapkan Dunia Islam untuk kebutuhan waktu dan telah berkontribusi pada penciptaan sebuah visi Dunia Islam dengan studi ilmiah mereka”.

Profesor El-Awaisi, merupakan seorang Profesor Hubungan Internasional yang terkenal, Anggota Royal Historical Society – Inggris Raya, dan Pendiri dari Bidang Studi Penelitian Baitul Maqdis atau Islamic Jerussalem. Salah satu dari pencapaian terbesarnya ialah kontribusinya terhadap pengetahuan (sejumlah teori dan model) dalam bidang Hubungan Internasional, seperti teori geopolitik barunya: Teori Lingkaran Barakah Lingkaran Baitul Maqdis; dan Teori Aman (Koeksistensi Damai dan Saling Menghormati).

Selain itu, dia memiliki catatan publikasi penelitian yang sangat bagus baik dalam bahasa Arab dan Inggris. Beberapa dari penelitiannya telah diterjemahkan ke bahasa Prancis, Melayu, Turki dan Indonesia.

Bahkan, Profesor El-Awasi telah mendirikan sejumlah proyek akademis internasional, seperti, Islamic Jerusalem Research Academy (ISRA), di mana dia merupakan pendiri sejak 1994; Konferensi Akademik Internasional tahunan terkait Studi Baitul Maqdis, di mana dia merupakan ketua sejak 1997; dan  Academid Refered Journal, Journal of Islamic jerusalem Studies, di mana dia merupakan Pemimpin Redaksi sejak 1997.

Dia telah menerima sejumlah penghargaan, termasuk: Stirling Council Provost’s Civic Award tahun 1999 – UK, dan Special Award for Innovation pada 2007 – UK.

Dia merupakan seorang Muslim berdarah Inggris Palestina yang tinggal di negara-negara Arab, Muslim dan Barat. Profesor El-Awaisi telah mengajar dan melakukan penelitian selama 32 tahun (dari tahun 1986) di universitas-universitas Arab, Inggris, Malaysia, dan Turki di mana dia saat ini merupakan Profesor Kehormatan Tamu di Universiti Utara Malaysia (UUM); dan Profesor Hubungan Internasional di Turki.

Singkatnya, Profesor El-Awasi merupakan seorang ilmuwan yang enerjik dan pemimpin akademik yang visioner, cakap dan inovatif, yang mendedikasikan dan merencanakan hidupnya untuk pendidikan dan pengetahuan sebagai dasar pengembangan manusia, dengan komitmen yang tinggi dan penuh semangat terhadap pendidikan progresif, penelitian dan kesejahteraan masyarakat. [hidayatullah]

0 Response to "Profesor Abd al-Fattah El-Awasi Terima “Anugerah Sains Dunia Islam”"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel