Belasan Warga Palestina Tewas, Netanyahu Puji Pasukan Israel

Benjamin Netanyahu
VisiMuslim - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memuji pasukan keamanan Israel setelah pembunuhan 17 warga Palestina di Jalur Gaza. Meskipun banyak kecaman bermunculan karena aksi represif tersebut.

Dalam sebuah pernyataan pada Sabtu (31/04/2018), Netanyahu menganggap pasukannya telah menjaga perbatasan negara dan menjaga warga Israel yang tengah merayakan liburan (Paskah) secara damai.

Ia berterima kasih atas hal itu. “Bagus untuk prajurit kita,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, puluhan ribu warga Gaza berkumpul di perbatasan Timur sepanjang 45 kilometer (28 mil) dengan Israel untuk menuntut hak mereka atas tanah Palestina yang bersejarah. Hal itu direspon Israel dengan mengerahkan ribuan pasukan di sepanjang perbatasan.

Belasan demonstran Palestina terbunuh dan 1.500 lainnya terluka ketika pasukan Israel bertindak represif menanggapi aksi demonstrasi damai. Seorang petani Palestina juga terbunuh ketika sebuah tembakan artileri Israel menghantamnya di Jalur Gaza selatan.

Dengan slogan “Great Return March”, unjuk rasa itu juga dimaksudkan untuk menekan Israel agar mencabut blokade selama satu dasawarsa di Gaza. Demo tersebut telah didukung oleh hampir semua faksi politik Palestina.

Sejak 2007, Jalur Gaza telah menderita dari blokade Israel/ Mesir yang melumpuhkan ekonomi dan merampas lebih dari 2 juta penduduknya. [vm]

Sumber: Al-Jazeera/kiblat

Belum ada Komentar untuk "Belasan Warga Palestina Tewas, Netanyahu Puji Pasukan Israel"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel