Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

AS dan Cina Lanjutkan Perundingan untuk Akhiri Perang Dagang


VisiMuslim - Pembicaraan untuk perdagangan tingkat tinggi antara Amerika Serikat dan Cina akan dilanjutkan minggu depan, setelah dua negara dengan ekonomi besar itu hampir mencapai kesepakatan.

Dalam sebuah pernyataan pada Selasa (23/04/2019), Gedung Putih mengatakan bahwa Perwakilan Dagang Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin akan melakukan perjalanan ke Beijing untuk negosiasi mulai 30 April.

Liu He, penasihat ekonomi utama Presiden Cina Xi Jinping, akan memimpin delegasi ke Washington untuk pembicaraan lebih lanjut mulai 8 Mei.

Gedung Putih mengatakan pembicaraan minggu depan akan membahas masalah perdagangan, termasuk kekayaan intelektual, transfer teknologi, hambatan non-tarif, pertanian, layanan, pembelian, dan penegakan hukum.

Sementara itu, putaran negosiasi terbaru belum dikonfirmasi oleh pihak Cina.

Washington dan Beijing diyakini mulai menuju kesepakatan untuk mengakhiri perang dagang yang telah berlangsung lebih dari setahun dan melukai pertumbuhan ekonomi global. Awal bulan ini Presiden Donald Trump mengatakan bahwa setiap kesepakatan perdagangan akan menjadi “sangat monumental.”

Cina juga telah menyatakan optimisme bahwa kesepakatan dapat segera dicapai. Sebelumnya pada bulan April, kantor berita pemerintah Cina Xinhua melaporkan bahwa negosiator Amerika dan Cina telah “mencapai konsensus baru tentang isu-isu penting seperti teks tentang … perjanjian perdagangan.”

Yang menjadi masalah adalah apakah kedua belah pihak dapat mencapai kesepakatan yang dapat mengangkat miliaran dolar tarif untuk barang-barang Tiongkok sebagai imbalan bagi Amerika Serikat yang memiliki kekuatan untuk mengambil tindakan sepihak untuk menghukum Beijing jika gagal untuk tetap berpegang pada kesepakatan.

Trump dan pejabat tinggi pemerintahan lainnya sebelumnya telah mengirim sinyal kuat bahwa mereka berencana untuk mempertahankan tarif pada $ 250 miliar barang Cina di tempat untuk “periode waktu yang substansial.”

“Kami harus memastikan bahwa jika kami melakukan kesepakatan dengan Cina, Cina akan mempertahankan kesepakatan itu,” kata Trump kepada wartawan bulan lalu.

Dalam hal kesepakatan, kedua negara kemungkinan akan tetap tidak berdamai pada bidang politik dan ekonomi utama tertentu – tidak terkecuali teknologi.

Selama 12 bulan terakhir, pemerintahan Trump telah memberikan tekanan pada negara-negara di seluruh dunia untuk tidak menggunakan peralatan produksi Huawei dalam membangun jaringan 5G generasi berikutnya. AS mengatakan bahwa produk yang dihasilkan oleh perusahaan Cina memiliki risiko keamanan.

Sementara itu, Huawei mengajukan gugatan pada bulan Maret terhadap pemerintah AS, menuduh diskriminasi inkonstitusional.[vm]

Sumber: CNN

Posting Komentar untuk "AS dan Cina Lanjutkan Perundingan untuk Akhiri Perang Dagang"

close