China Berterima Kasih pada UEA Karena Dukung Kebijakan di Xinjiang

PHOTO: China says the 're-education' camps provide vocational training. (Reuters: Thomas Peter)
VisiMuslim - Pemerintah China berterima kasih kepada Uni Emirat Arab (UEA) atas dukungannya terhadap kampanye keamanan di Xinjiang, rumah minoritas muslim Uighur, di Tiongkok. Laporan-laporan internasional menyebut terjadi banyak pelanggaran HAM dalam kampanye Beijing itu.

Terima kasih itu disampaikan di sela-sela pertemuan Presiden China Xi Jinping dan Putra Mahkota UEA, Mohammed bin Zayed Al Nahyan, di Beijing, pada Senin (22/07/2019). Mohammed ke China dalam rangka kunjungan kenegaraan.

Beijing di bawah tekanan internasional setelah muncuatnya laporan adanya kamp-kamp konsentrasi di Xinjiang. Kamp-kamp itu untuk mengarantina minoritas muslim di wilayah itu dalam rangka menghilangkan ideologi Islam di benak-benak mereka. Kampanye itu menyebabkan banyak keluarga muslim terpisah dalam waktu tak diketahui.

Selama pertemuannya dengan Putra Mahkota UEA, presiden Cina mengucapkan terima kasih kepada UEA atas “dukungan berharga” untuk kampanye di Xinjiang dan menyerukan peningkatan kerja sama antara kedua negara dalam perang melawan terorisme.

Sementara itu, Mohammed mengatakan bahwa UEA sangat menghargai upaya Cina untuk melindungi hak dan kepentingan etnis minoritas. Kami siap menyerang bersama pasukan teroris ekstrim bersama dengan China, termasuk “Gerakan Turkistan Timur Islam “, yang Beijing tuduh menghasut Uighur untuk memisahkan diri.

Pernyataan ini datang ketika Beijing berusaha untuk mengumpulkan lebih banyak dukungan internasional atas kebijakan kontroversialnya di Xinjiang itu.

Setelah awalnya menyangkal adanya kamp konsentrasi, China membenarkan keberadaan kamp-kamp tersebut. Akan tetapi, Beijing tidak mengakui tempat-tempat itu untuk “mencuci otak” warga Uighur. Pemerintah mengatakan bahwa kamp tersebut merupakan pusat-pusat pendidikan kebangsaan.

Beijing sejauh ini telah mencapai beberapa keberhasilan dalam hal ini. Awal bulan ini, duta besar 37 negara, termasuk Arab Saudi dan Aljazair, mengirim surat ke PBB di mana mereka mendukung kebijakan China terhadap warga Uighur dan minoritas lainnya di Xinjiang.

Surat itu datang setelah 22 negara menandatangani pernyataan untuk mengejam kampanye pemerintah China di Xinjiang.[vm]

Sumber: Arabi21.com

Belum ada Komentar untuk "China Berterima Kasih pada UEA Karena Dukung Kebijakan di Xinjiang"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...