Situasi Tak Kunjung Membaik, Muslim Rohingya Tak Akan Kembali ke Myanmar

Foto: Marzuki Darusman dan Christopher Sidoti dari Tim Pencari Fakta Perserikaan Bangsa-Bangsa (PBB) di Myanmar
VisiMuslim - Kepala Misi Pencari Fakta Perserikaan Bangsa-Bangsa (PBB) di Myanmar, Marzuki Darusman mengatakan bahwa warga Rohingya akan kembali ke Myanmar jika hak asasi manusia (HAM) di tanah kelahiran mereka terjamin.

“Kalau dijamin kewarganegaraannya, dijamin martabatnya, HAM, mereka akan kembali lagi,” ujar Marzuki saat ditemui di Kantor Perwakilan PBB di Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (06/08/2019).

Mantan Jaksa Agung Indonesia ini mengatakan, bahwa penderitaan yang dialami masyarakat Rohingya saat ini masih sama dengan yang mereka alami dua tahun lalu, tidak ada perubahan. Dia tak bisa berharap banyak masyarakat Rohingya akan kembali, karena masalah kemanusiaannya saja tidak ada perbaikan sama sekali.

“Sekarang masyarakat Myanmar Rohingya yang masih di situ, penderitaannya masih sama dengan dua tahun lalu. Perbaiki itu dulu, jika diperbaiki itu, maka warga itu akan kembali lagi ke negaranya,” ujarnya.

Selain itu, salah satu anggota tim pencari fakta PBB untuk Myanmar, Christopher Sidoti juga mengatakan hal serupa, dan menilai bahwa belum waktunya dilakukan pemulangan warga Rohingya ke Myanmar.

“Sekarang, prioritas utama jika kita menginginkan pemulangan adalah mengubah situasi pengungsi Rohingya yang tetap ada di negara bagian Rakhine. Sampai situasi pada dasarnya berubah di mana mereka dilindungi, aman, dan menikmati partisipasi penuh di Myanmar,” ujar Christopher.

“Sampai itu terjadi, pengungsi di Cox’s Bazar tidak bisa dan tidak akan kembali,” tandasnya.[vm]

Sumber : kiblat

Belum ada Komentar untuk "Situasi Tak Kunjung Membaik, Muslim Rohingya Tak Akan Kembali ke Myanmar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...