Ribuan Massa Menggelar Aksi Solidaritas untuk Muslim Uyghur di Turki


Istanbul-Visi Muslim- Ribuan massa menggelar aksi solidaritas untuk Muslim Uyghur di Istanbul, Jumat (20/12). Massa dari berbagai komunitas di Turki ini melakukan aksi ini karena terinspirasi cuitan pemain sepak bola, Mesut Ozil yang beberapa waktu lalu mencuit tentang persoalan Uyghur.

Dengan membawa spanduk mereka mengecam tindakan pemerintah China yang menyiksa serta menahan jutaan muslim Uyghur di sebuah kamp konsentrasi di wilayah Xin Jiang. Spanduk bertuliskan "Hentikan Kekejaman" para pendemo juga meneriakkan kata-kata "China pembunuh, keluar dari Turkistan Timur" dan "Turkistan Timur tidak sendiri".

Dari penyelidikan PBB dan kelompok hak asasi manusia memperkirakan ada sekitar satu hingga dua juta orang yang sebagian besar adalah etnis Uighur yang ditahan oleh pemerintah China, kondisi mereka sangat memprihatikan dan menderita.

Namun China membantah adanya penyiksaan terhadap etnis Uighur, dan berasalan tindakan penahanan tersebut dilakukan untuk deradikalisasi terhadap kelompok separatisme.

Turki telah menyatakan keprihatinan terhadap situasi di Turkistan Timur,  termasuk di Dewan Hak Asasi Manusia PBB pada Februari lalu. [www.visimuslim.org]

Belum ada Komentar untuk "Ribuan Massa Menggelar Aksi Solidaritas untuk Muslim Uyghur di Turki"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...