Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jatim Darurat Corona, Kota Malang akan Sebar 20 Bilik Sikat Covid-19


Malang-VisiMuslimPemkot Malang menyiapkan 20 bilik sikat corona atau Bilik Sico untuk membantu proses screening mencegah penyebaran Covid-19. Bilik SICO rencananya disebar di sejumlah titik, selain gedung perkantoran.
Bilik SICO memiliki fungsi menyemprotkan desinfektan kepada orang yang berada di dalamnya. Alat ini merupakan ciptaan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (UB).
Kabag Humas Pemkot Malang Nur Widyanto mengatakan hadirnya bilik SICO merupakan upaya Pemkot Malang mengantisipasi penyebaran Covid-19 sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan.
"Nah, SICO ini didesain karena pak wali kota ingin bergerak cepat sehingga menggandeng Universitas Brawijaya bagaiman bisa efektif ketika ada tamu di ruang-ruang publik bisa diminimalisir penyebaran virus," kata Nur Widyanto kepada wartawan, Sabtu (21/3/2020).
Nur Widyanto menambahkan, Pemkot Malang telah memesan 50 unit bilik SICO kepada Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (Unibraw) yang nantinya akan disebar di sejumlah titik.
"Kami sudah memesan sebanyak 50 unit bilik SICO. Untuk tahap awal dan dipercepat bilik SICO sebanyak 20 unit yang nantinya akan disebar di sejumlah titik," imbuhnya.
Nur Widyanto merinci, sasaran tahap awal untuk 20 unit bilik SICO adalah Balai Kota, perkantoran terpadu, perkantoran Jalan Bingkil, puskesmas rawat inap, dan RSUD Kota Malang, serta pasar tradisional.
"Masing 2 unit bilik SICO, kemudian 10 unit lainnya diletakkan di pasar-pasar tradisional yang kita miliki," bebernya.
Penempatan bilik SICO pada ruang-ruang publik turut menjadi perhatian, karena melihat pergerakan masyarakat sangat tinggi.
"Tentu, kita juga memperhatikan fasilitas-fasilitas umum, karena masih ada 30 unit bilik SICO lainnya. Karena melihat pergerakan orang yang cukup tinggi," paparnya.
Sementara 7 mahasiswa Universitas Brawijaya sebagai pencipta bilik SICO menjelaskan, bahwa ini merupakan teknologi baru untuk membantu pencegahan virus corona di Kota Malang.
"Cara kerja bilik SICO sebenarnya mempermudah kegiatan dari manusia. Dengan alat ini, penyemprotan dilakukan di dalam bilik ini," ujar Syahrizal Maulana perwakilan 7 mahasiswa pencipta bilik SICO terpisah.
Dikatakan, alat ini juga telah didesain terkait keamanannya. Karena cairan yang dipergunakan untuk menyemprot merupakan bahan mudah terbakar.
"Kita sudah desain alat ini aman untuk digunakan masyarakat atau pengunjung di Balai Kota atau perkantoran lainnya," pungkasnya. [] Dtk

Posting Komentar untuk "Jatim Darurat Corona, Kota Malang akan Sebar 20 Bilik Sikat Covid-19"