Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Multaqa Ulama Aswaja Pasuruan Jatim, Khilafah adalah Kewajiban dan Solusi


Pasuruan-VisiMuslim- Bertempat di Musholla Darul Hijrah Pasuruan, Sabtu 14 Maret 2020, Alhamdulillah telah terselenggara acara MULTAQA ULAMA’ ASWAJA Pasuruan yang dimulai pukul : 20.00,
Acara diawali dengan pembacaan doa istighosah yang dipimpin oleh KH. Hamdan Zaini.
Shohibul Fadhilah Al Mukarrom Kyai Romli Abulwafa selaku shohibul bait menyampaikan
terima kasih atas kehadiran para kiyai, ustadz dan para tokoh masyarakat dalam acara tersebut.

Beliau juga menyampaikan bahwa dakwah islam harus senantiasa disampaikan agar ummat segera sadar, bahwa solusi satu satunya terhadap segala problematika ummat saat ini adalah dengan diterapkannya islam secara kaffah. Melalui institusi khilafah.
Shohibul fadhilah Al Mukarrom Gus Rohibni Bashri menyampaikan bahwa kondisi bangsa saat ini, yang sedang mengalami krisis yang kritis ini, hanya bisa diselesaikan dengan kembali kepada penerapan hukum hukum Allah, menjadikannyannya sebagai solusi terhadap krisis multidimensi yang terjadi saat ini “tegas beliau”
Tentu hal itu akan terwujud jika ada institusi pelaksana, itulah khilafah, ” tegas beliau”.
Beliau juga menyampaikan bahwa jangan takut mendakwahkan kebenaran, khilafah adalah ajaran islam jadi mendakwahkan khilafah adalah mendakwahkan kebenaran.
Shohibul Fadhilah Al Mukarrom Kyai Muhammad Bajuri menyampaikan bahwa kondisi ummat islam semestinya sebagaimana yang digambarkan oleh Allah di dalam Al qur’an adalah sebagai “khoiru ummah” sebaik baik ummat.
sebagaimana Firman Allah :
كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ…
Artinya: “Adalah kamu sebaik-baik umat yang diutus untuk manusia menyuruh berbuat baik (ma’ruf) dan mencegah dari perbuatan munkar dan beriman kokoh kepada Allah…”
Tapi kenyataannya saat ini, ummat islam tengah berada pada posisi dan kondisi, yang bertolak belakang dari apa yang Allah gambarkan dalam Al Qur’an.
Beliau mencontohkan bagaimana kondisi kaum muslimin yang ada di Rohingnya, uighur, serta kejadian terbaru yang menimpa saudara saudara kita kaum muslimin di India yakni perlakuan yang diluar batas kemanusiaan, ini menggambarkan bahwa nyawa kaum muslimin, sangat murah dan tidak ada harganya.
Kenapa hal ini bisa terjadi, karena ummat islam tidak punya junnah (perisai), yakni khilafah, yang akan siap melindungi kaum muslimin.
Imam Bukhari dan Muslim telah meriwayatkan hadits dari jalur Abu Hurairah ra. Bahwa Rasulullah Saw. bersabda:
“Sesungguhnya seorang imam itu [laksana] perisai. Dia akan dijadikan perisai, dimana orang akan berperang di belakangnya, dan digunakan sebagai tameng…. .” [Hr. Bukhari dan Muslim]
Oleh karena itu, menegakkan khilafah bukan hanya kewajiban, tetapi juga kebutuhan bagi kaum muslimin.
Hadir dalam acara ini :
1. Kyai Muhammad Bajuri (Pengasuh Majelis Ta’lim Darun Nafais Pasuruan)
2. Gus Rohibni Bashri (Pengasuh Madin Nurul Masud Rembang Pasuruan)
3. Ust. Romli Abul Wafa (Pengasuh Majelis Taklim Darul Hijrah Pasuruan) ,
4. Ust. Muslim Zainulloh (Pengasuh Majelis Taklim Baitul Muslimin Pasuruan)
5. Ust. Umar Faruq (Pengasuh TPQ Al Arqom Pasuruan)
6. Ust. Musyaffak (pengasuh majelis taklim musholla at Tahrir)
7. Gus Huda Adlany Pengasuh Majelis Taklim Al Hamidy Pasuruan)
8. Gus Fauzan Bashri (Pengasuh MT Bani salim Pasuruan)
9. Ust. Abd. Rozaq, S. Pd. I (Tokoh Pasuruan)
10. Ust. Budiyanto, S. Pd. I (Guru)
dan masih banyak tokoh lainnya.

Acara diakhiri tepat pukul 21.30 dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh KH. Hamdan Zaini Acara berjalan dengan baik dan lancar serta penuh kekeluargaan. []

Posting Komentar untuk "Multaqa Ulama Aswaja Pasuruan Jatim, Khilafah adalah Kewajiban dan Solusi"

close