Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ayo Bantu Gerakan Wakaf Al-Qur'an dari BWA


VisiMuslim - Sebagai negara muslim terbesar di dunia Indonesia memiliki problem berupa ketersediaan Al-Qur’an. Menurut data bahwa kebutuhan Al-Qur’an di negeri ini adalah sekitar 2 juta exemplar tiap tahun. 

Angka tersebut didasarkan pada jumlah pasangan pengantin yang menikah setiap tahun di KUA. Asumsinya, setiap pasangan pengantin diberikan 1 (satu) mushaf Al-Qur’an. Sehingga secara real kebutuhan Al-Qur’an di masyarakat jauh lebih besar, bahkan lebih dari 2 (dua) juta exemplar pertahun.

Berdasarkan hal ini, Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) sebagai lembaga filantropi Islam yang fokus pada wakaf ingin mengambil posisi dan peran dalam pengadaan Al-Qur’an tersebut dalam bentuk wakaf Al-Qur'an dan mendistribusikannya sampai pelosok Indonesia.

Mengambil tema "2020 Sejuta Quran Kuatkan Indonesia" diharapkan bisa meningkatkan dan mempercepat kampanye yang dilakukan BWA untuk menggalang dana wakaf untuk pengadaan Al-Qur’an.

Setiap distribusi Al-Qur’an ke daerah biasanya diberi nama “Al-Qur’an Road Trip”. Sehingga Al- Qur’an tidak sekedar didistribusikan, namun juga dipastikan tepat sasaran.

Sejak berdiri tahun 2005 sampai November 2019, BWA telah berhasil menghimpun dan mendistribusikan Al-Qur’an sebanyak 810.101 exemplar. Pada tahun 2020 ini, BWA menargetkan mampu menghimpun dan mendistribusikan Al-Qur’an sebanyak 1 (satu) juta Al-Qur’an.

Distribusi Al-Qur’an akan dilaksanakan di daerah rawan pendidikan dan aqidah yang tersebar di penjuru Indonesia. 

Ustadz kondang, Prof. Dr. Abdul Somad, Lc, MA., menjelasakan keutamaan wakaf Al-Qur'an. Menurut beliau Wakaf Qur'an adalah amalan sedekah jariyah terbaik. Dimana setiap 1 (satu) huruf yang dibaca dari Al-Qur'an yang kita wakafkan tersebut akan benilai 10 kebaikan yang insya Allah mengalir hingga sepanjang masa.


Pada hadits disebutkan "Apabila salah seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah segala amalannya kecuali tiga perkara; sedekah jariyah, ilmu yang bermanfa'at baginya dan anak shalih yang selalu mendoakannya." (HR. Muslim: 3084). 

Imam Nawawi dalam kitab Syarh Sahih Muslim menjelaskan makna sedekah jariyah pada hadits ini dalam adalah wakaf. 

An-Nawawi ketika menjelaskan hadis ini, beliau menuliskan,

وَكَذَلِكَ الصَّدَقَةُ الْجَارِيَةُ وَهِيَ الْوَقْفُ

“Demikian pula sedekah jariyah, yang itu merupakan wakaf…” (Syarh Shahih Muslim, 11/85).

Dalam hadits lain disebutkan, "Barang siapa mengajak kepada kebaikan, maka ia akan mendapat pahala sebanyak pahala yang diperoleh orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Sebaliknya, barang siapa mengajak kepada kesesatan, maka ia akan mendapat dosa sebanyak yang diperoleh orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun." (HR. Muslim: 4831)

Oleh karena itu mari kita bersama-sama membantu dan mendukung Gerakan Wakaf Al-Qur'an dari BWA untuk menyukseskan target 2020 Sejuta Al-Qur'an Kuatkan Indonesia. [www.visimuslim.org]

Posting Komentar untuk "Ayo Bantu Gerakan Wakaf Al-Qur'an dari BWA"