Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Ancaman Krisis Pangan, Fadli Zon Minta Pemerintah Beri Subsidi kepada Petani


Jakarta, Visi Muslim- Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Fadli Zon mengingatkan terkait ancaman pangan global akibat Pandemi Covid-19 yang pastinya juga akan berdampak kepada Indonesia.

Karena itu ia meminta supaya pemerintah menyikapi persoalan tersebut dengan memberikan subsidi kepada para petani.

"Sebaiknya pemerintah menggunakan anggaran yang ada untuk mensubsidi petani," tulis Fadli dalam Twitter-nya, Senin, (8/6/2020).

Dia juga mengingatkan bahwa Organisasi Pangan Dunia (FAO) pada April lalu memperingatkan akan adanya ancaman krisis pangan akibat covid-19.

Sejumlah negara tetangga yang memproduksi pangan juga sudah mulai membatasi ekspor untuk melindungi kebutuhan pangan dalam negeri mereka, seperti Thailand dan Vietnam.

Fadli juga menyarankan agar pemerintah memberikan subsidi bagi para petani, supaya pertanian di Indonesia menjadi kuat dan memenuhi kebutuhan pangan di tanah air.

Presiden Joko Widodo yang memprogramkan cetak sawah 900 ribu hektar lahan gambut di Kalimantan Tengah juga tak jelas kelanjutannya.

Awalnya anggaran cetak sawah baru itu senilai Rp. 209,8 miliar namun dipangkas dan tersisa Rp. 10,8 miliar untuk penanganan epidemi covid-19.

Fadli juga mengatakan bahwa cetak sawah baru saat ini tidak efektif. Sebab, bukan sebuah jawaban atas krisis pangan sudah di depan mata.

"Bagaimana mau mencetak sawah, kalau anggarannya telah dipangkas? Kalau cetak sawah baru dianggap penting, kenapa kemarin anggarannya justru dipangkas? Ini tak konsisten dan tak ada koordinasi," kritiknya.

Fadli juga meminta agar pemerintah memberikan dana dan fokus mengembangkan kekuatan pangan.

Dengan adanya stimulus dan intensif ekonomi kepada para petani, diyakini bisa menambah semangat mereka, dan tentu produksi pangan didalam negeri akan tercukupi bahkan meningkat.

"Mereka sangat pantas diprioritaskan dalam pemberian bantuan dan stimulus ekonomi, bukan industri start up, atau sektor tersier lainnya," pungkas Fadli. [] Gesang/Ni-Bay

Posting Komentar untuk "Soal Ancaman Krisis Pangan, Fadli Zon Minta Pemerintah Beri Subsidi kepada Petani"

close