Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Berubahnya Informasi PKI di Wikipedia, Hadi Nur Ramadhan: Ada Nuansa Politis dan Keberpihakan

Hadi Nur Ramadhan

Jakarta, Visi Muslim- Beredarnya informasi tentang PKI di Wikipedia yang keliru dan bisa menyesatkan masyarakat, karena dalam laman tersebut disebutkan bahwa korban pembantaian tahun 1965 adalah orang-orang yang diduga sebagai anggota PKI.

Menanggapi hal itu, Peneliti gerakan Komunis, Hadi Nur Ramadhan menyesalkan informasi yang menyesatkan di situs Wikipedia tersebut.

“Saya sangat menyesalkan situs Wikipedia sebagai sumber informasi dan pengetahuan yang banyak dirujuk masyarakat malah seperti itu. Kami melihat nuansa politis dan keberpihakan sangat jelas serta pembodohan kepada masyarakat,” kata Hadi, Rabu, dilansir dari Gelora.co (3/6/2020).

Hadi menambahkan, jika informasi tersebut tidak dirubah, maka Wikipedia telah melakukan pembodohan kepada masyarakat. Wikipedia, tambahnya, harus kembali kepada situs yang menyampaikan informasi dengan baik dan benar.

“Wikipedia harus segera melakukan perbaikan karena itu merupakan penyesatan sejarah dan informasi. Kalau ini tidak difahami dengan baik, lalu sejarahnya salah, maka generasi kita ke depan sampai kapanpun akan disesatkan oleh Wikipedia,” ucapnya.

Direktur Yayasan Tamadun ini juga meminta Wikipedia meralat tulisan yang sudah menghebohkan publik tanah air, agar kembali berimbang.

“Kalau bicara korban, umat Islam juga korban, NU, Muhammadiyah, aktivis PII (pelajar Islam Indonesia) juga korban. Bahkan mereka bukan hanya melakukan kudeta tahun 1965, tapi juga tahun 1948, tiga tahun setelah kemerdekaan,” tambahnya.

Pada waktu itu, rakyat Indonesia sedang semangat-semangatnya melawan agresi Belanda, namun mirisnya malah ditikam dari belakang oleh PKI, mereka melakukan kudeta dan pembantaian. "Nah, ini yang dikatakan korban jadinya siapa?," Pungkasnya.

Sebelumnya, sebuah akun Twitter @CheryPink_ mengunggah postingan dirubahnya informasi tentang PKI, dengan menautkan situs Wikipedia yang berjudul, 'Pembantaian di Indonesia 1965–1966' dia menyebut bahwa kini yang salah bukan lagi PKI, tapi PKI adalah korban.

"Kini yg salah bukan lagi PKI, tapi PKI adalah korban, beda sekali dari fakta Sejarah & kurikulum kita dulu. Beraninya PKI merubah fakta sejarah di depan mata kita ?"

"Di edit 2 bulan yg lalu, ada apakah?
Waspada Propaganda, pemutar balikan fakta sejarah". Tulis @CheryPink_ di akun Twitter-nya.

Sontak saja, para netizen langsung ramai mengomentari postingan tersebut. [] Editor: Gesang

Posting Komentar untuk "Soal Berubahnya Informasi PKI di Wikipedia, Hadi Nur Ramadhan: Ada Nuansa Politis dan Keberpihakan"

close