Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Islamophobia: Dalam Seminggu, Dua Masjid di Lyon, Perancis Dibakar Orang Tak Dikenal

 

Paris, Visi Muslim- Kebakaran terjadi di sebuah Masjid Essalam di Lyon, Perancis, Kamis (13/8/2020) pagi waktu setempat, kebakaran itu  merusak pintu dan ruang sholat masjid.

Walikota Pierre Oliver dari arondisemen ke-2 saat berada di lokasi mengatakan bahwa kebakaran itu tampaknya merupakan tindakan pembakaran yang disengaja. "Ini masjid kedua yang terbakar dalam sepuluh hari," katanya di Twitter. "Warga menyesalkan fakta bahwa tempat ibadah dirusak."

Dia menambahkan: "pembakaran adalah tindakan kriminal, menurut informasi pertama yang diberikan kepada saya oleh petugas pemadam kebakaran dan polisi. Kami sedang menunggu elemen pertama dari penyelidikan."

Oliver memuji kerja cepat petugas pemadam kebakaran dalam memadamkan kobaran api yang dimulai pada pukul 2.16 pagi (0015GMT) di serangkaian perumahan yang baru saja direnovasi. Ini mencakup beberapa apartemen, tidak ada yang rusak.

"Saya mengutuk percobaan tembakan malam itu di masjid Essalam di Lyon, yang kedua minggu ini. Tindakan anti-Muslim, anti-Semit, anti-Kristen: Tindakan bodoh dan penuh kebencian ini bertentangan dengan segala hal yang ada di Prancis. Saya akan melindungi kebebasan ibadah, "kata Menteri Dalam Negeri Gerald Darmanin di Twitter.

Sekretaris Jenderal masjid, Abderrazak Chenini, mengatakan dia akan mengajukan keluhan kepada pihak berwenang.

Jumat lalu, kebakaran juga dimulai di paviliun ruang sholat sebuah masjid di Bron, pinggiran kota Lyon. Insiden itu kemungkinan besar adalah pembakaran yang disengaja, menurut jaksa yang menyelidiki.

Farouk Korichi, yang memimpin penyelidikan tentang tindakan anti-Muslim untuk Dewan Masjid Rhone, mengatakan kepada radio franceinfo bahwa dia sangat menyadari situasinya dan khawatir.

"Mereka ingin meneror kami. Tidak diragukan lagi ini adalah kejahatan terorganisir. Karena ada banyak kelompok ekstrim sayap kanan di kawasan itu. Di facebook, ada kelompok yang menyerukan pembakaran masjid," ujarnya. [] Gesang

Posting Komentar untuk "Islamophobia: Dalam Seminggu, Dua Masjid di Lyon, Perancis Dibakar Orang Tak Dikenal"