Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Vladimir Putin: Nagorno Karabakh Selalu Menjadi Bagian Integral Azerbaijan



Moskow, Visi Muslim- Menurut hukum internasional, Karabakh akan selalu menjadi bagian integral Azerbaijan, kata Presiden Rusia Vladimir Putin dalam wawancara dengan saluran Rossiya-24, Selasa, (17/11/2020).

Putin melanjutkan, CSTO tidak bisa ikut campur dalam konflik Nagorno-Karabakh karena tidak ada serangan langsung ke wilayah Armenia.

Lebih dari sebulan aksi militer guna membebaskan wilayahnya dari pendudukan Armenia, Azerbaijan mendesak Armenia untuk menandatangani dokumen penyerahan. Pernyataan bersama tentang masalah itu dibuat oleh presiden Azerbaijan, PM Armenia, dan presiden Rusia.

Gencatan senjata telah lengkap dan penghentian semua permusuhan di zona konflik Nagorno-Karabakh diberlakukan pada pukul 00:00 (waktu Moskow) pada 10 November 2020 kemarin.

Diketahui, Angkatan Bersenjata Armenia melancarkan serangan militer skala besar terhadap posisi tentara Azerbaijan di garis depan, menggunakan senjata kaliber besar, mortir, dan artileri pada 27 September. Azerbaijan membalasnya dengan serangan balik di seluruh front.

Kembali pada Juli 2020, Angkatan Bersenjata Armenia melanggar gencatan senjata di distrik Tovuz Azerbaijan. Azerbaijan juga berhasil membungkam pasukan Armenia. Pertempuran itu berlanjut pada hari-hari berikutnya. Azerbaijan kehilangan sejumlah anggota militer, yang tewas dalam pertempuran akibat serangan Angkatan Bersenjata Armenia.

Konflik antara kedua negara Kaukasus Selatan itu dimulai pada 1988 ketika Armenia membuat klaim teritorial terhadap Azerbaijan yang mengakibatkan peperangan dikedua belah pihak. Angkatan Bersenjata Armenia menduduki 20 persen wilayah Azerbaijan, termasuk wilayah Nagorno-Karabakh dan tujuh distrik sekitarnya. Kesepakatan gencatan senjata pernah dilakukan pada tahun 1994 diikuti dengan negosiasi damai namun kesepakatan itu gagal. [] Gesang

Posting Komentar untuk "Vladimir Putin: Nagorno Karabakh Selalu Menjadi Bagian Integral Azerbaijan"

close