Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arab Saudi Izinkan Pesawat Israel Melewati Wilayah Udaranya



Riyadh, Visi Muslim-  Arab Saudi mengizinkan pesawat Israel menuju Uni Emirat Arab (UEA) untuk terbang di atas wilayah udaranya. 

Media Israel melaporkan hal ini pada hari Selasa, (1/12/2020) Terlepas dari kurangnya hubungan diplomatik antara kedua negara, Arab Saudi pada Senin mengizinkan pesawat Israel menggunakan wilayah udaranya dalam penerbangan ke Uni Emirat Arab (UEA).

Menurut i24news Israel, pemerintah Tel Aviv telah meminta Washington untuk meyakinkan Arab Saudi agar mengizinkan penggunaan wilayah udara Saudi. Penasihat dan menantu Presiden AS Donald Trump, Jared Kushner, telah berhasil membujuk pihak berwenang Saudi agar melakukannya.

Jalur penerbangan tersebut akan memangkas waktu penerbangan Israel ke UEA hingga setengahnya. Penerbangan akan dimulai bulan ini.

Izin hanya berlaku untuk penerbangan ke UEA. Perusahaan Israel tidak diizinkan menggunakan wilayah udara Saudi untuk penerbangan ke negara lain, kata media lokal.

Pada bulan Oktober, Otoritas Penerbangan Sipil UEA (GACA) menandatangani perjanjian dengan mitranya dari Israel tentang layanan transportasi udara antara kedua negara.

UEA dan Israel menandatangani perjanjian yang disponsori AS pada bulan September untuk menormalkan hubungan mereka. Kedua negara telah menandatangani banyak kesepakatan di bidang investasi, perdagangan, dan iptek.

Perjanjian standardisasi telah menghasilkan kecaman luas terhadap Palestina, yang mengatakan perjanjian tersebut mengabaikan hak-hak mereka dan tidak melayani kepentingan Palestina. [] Gesang

Posting Komentar untuk "Arab Saudi Izinkan Pesawat Israel Melewati Wilayah Udaranya"

close