Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kecelakaan Pesawat Sering Terjadi, Elsad: Karena Human Error dan Kegagalan Mekanik

 


Jakarta, Visi MuslimMenanggapi seringnya terjadi kecelakaan pesawat termasuk yang menimpa pesawat Sriwijaya Air SJ-182 tujuan Jakarta-Pontianak Sabtu (9/1/2021), Analis Elsad Muhammad Ismail menilai hal ini disebabkan oleh faktor human error dan kegagalan mekanik.

“Faktor ini memang menjadi telaah, karena memang dari faktor inilah beberapa kejadian kecelakaan penerbangan di Indonesia itu sering terjadi,” ujarnya dalam acara Kabar Malam Senin (11/1/2021) di kanal YouTube Khilafah Channel.

Menurutnya, sejak merdeka Indonesia telah mengalami kecelakaan penerbangan sebanyak 104 kali. “Dan ini merupakan kondisi penerbangan terburuk di Asia,” ungkapnya.

Ia menilai faktor human error yakni rendahnya kualitas pilot disebabkan karena faktor pelatihan, kurangnya jam terbang dan lemahnya kontrol lalu lintas udara. “Sedangkan faktor kegagalan mekanik misalnya kerusakan mesin tiba-tiba dan perawatan pesawat yang kurang baik,” ungkapnya.

Selain itu, ia mengungkapkan kemungkinan kecelakaan pesawat juga bisa terjadi faktor cuaca. “Mungkin cuaca buruk tiba-tiba terjadi di satu wilayah sehingga menyebabkan pesawat mengalami turbulensi dan jatuh. Kalau faktor ini murni faktor alam dan bagian dari takdir. Kita harus menerima baik dan buruknya,” pungkasnya.[] Achmad Mu’it

Posting Komentar untuk "Kecelakaan Pesawat Sering Terjadi, Elsad: Karena Human Error dan Kegagalan Mekanik"