Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anies Usul Nama Kota Tua Kembali Menjadi Batavia



Jakarta, Visi Muslim-  Pemprov DKI Jakarta berencana mengubah nama Kota Tua-Sunda Kelapa menjadi Batavia. Hal itu disampaikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dalam pidatonya di acara penandatanganan pembentukan Joint Venture Kota Tua - Sunda Kelapa.

Hadir dalam kegiatan itu, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno hingga Dirut PT KAI (Persero), Didiek Hartantyo.

"Sepanjang acara, saya tergelitik dengan tulisan Batavia di sebelah podium ini. Mengapa tidak nama Kota Tua kita kembalikan menjadi Batavia? Batavia mempunyai sejarah panjang," kata Anies, pada Rabu (28/4).

Anies menyebut, bila mencari kata Batavia dalam mesin pencarian Google, akan menampilkan berbagai link yang menarik.

Bahkan, kata dia, link tersebut menggunakan berbagai bahasa, mulai Indonesia, Inggris, hingga Belanda.

"Berlatar abad 16-18, yang menggambarkan bahwa Batavia adalah sesuatu banget. Silakan nanti tim JV melakukan sesuatu dan memutuskan," ucapnya.

Lanjut dia, transformasi kawasan Kota Tua - Sunda Kelapa sudah pernah dicanangkan sejak masa Gubernur Ali Sadikin. Namun upaya tersebut baru terlaksana saat ini dengan cara baru.

Cara baru tersebut yakni kolaboratif, masif dan terstruktur. Kolaboratif adalah melibatkan banyak pihak. Yakni pemerintah pusat, daerah, swasta, UKM, dan pakar.

"Lalu, masif dengan yang dikelola bukan sejumlah bangunan saja, tetapi kawasan seluas 240 hektar dari Sunda Kelapa, hingga Kota Tua. Kemudian, terstruktur adalah melalui pembentukan JV yang diberi banyak fleksibilitas dan otoritas untuk mengelola," ucapnya.

Selain itu, Anies juga menyatakan bila masa lalu bukan untuk bernostalgia. Namun untuk menciptakan peluang ekonomi sekaligus memberi kesempatan bagi generasi mendatang untuk belajar.

Sebab, dia tidak ingin menjadikan Kota Tua sebagai destinasi wisata saja. Tetapi juga sebagai ekosistem ekonomi yang dinamis yang menarik orang untuk berkarya.

"Ada kehidupan di Kota Tua, dan kehidupan itulah yang menarik wisatawan untuk datang. Kita tidak ingin desain Kota Tua nanti penuh dengan copy paste dari tempat lain di dunia, tetapi Kota Tua harus memiliki narasi, ciri, dan keunikan tersendiri," jelas Anies.

Sumber: liputan6.com/ merdeka.co.

Posting Komentar untuk "Anies Usul Nama Kota Tua Kembali Menjadi Batavia"

close