Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Presiden Kazakhstan, Kassym-Jomart Tokayev Memberikan Pernyataan Soal Bentrokan Antara Kyrgyzstan dan Tajikistan

Presiden Kazakhstan, Kassym-Jomart Tokayev


Nur Sultan, Visi Muslim- Presiden Kazakhstan, Kassym-Jomart Tokayev membuat pernyataan tentang situasi di perbatasan negara bagian Kyrgyz-Tajik.

Pernyataan yang dipublikasikan di situs resmi Presiden Republik Kazakhstan, pada Kamis, (29/4/2021) berisi:

“Saya sangat merasakan keprihatinan yang mendalam soal informasi tentang bentrokan bersenjata di perbatasan negara bagian antara Kyrgyzstan dan Tajikistan.

Suku Kyrgyz dan Tajik adalah saudara bagi kami. Kami dipersatukan oleh kesamaan sejarah dan nilai-nilai budaya.

Negara dan masyarakat kita dicirikan oleh kedamaian, toleransi, dan saling menghormati.

Saya menyambut baik kesepakatan yang dicapai tentang penghentian konflik bersenjata dan dimulainya negosiasi antara pihak yang berkuasa penuh di kedua negara.

Saya yakin bahwa para pemimpin Kyrgyzstan dan Tajikistan, dengan kebijaksanaan yang tepat, akan dapat menyelesaikan semua masalah yang disengketakan secara eksklusif melalui cara-cara damai.

Bagi saya, saya siap melakukan upaya untuk membantu menemukan solusi yang dapat diterima bersama dan memulihkan rasa saling percaya.

Saya menganggap mungkin untuk mengembangkan mekanisme untuk menyelesaikan insiden perbatasan seperti itu dalam Rapat Permusyawaratan Kepala Negara Asia Tengah berikutnya ”. [] Gesang 

Posting Komentar untuk "Presiden Kazakhstan, Kassym-Jomart Tokayev Memberikan Pernyataan Soal Bentrokan Antara Kyrgyzstan dan Tajikistan"