Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ratusan Orang Turun ke Jalan di Chicago, Memprotes Penembakan Remaja 13 Tahun Oleh Polisi



Chicago, Visi Muslim- Ratusan orang turun ke jalan di Chicago pada hari Jumat, (16/4/2021) untuk memprotes penembakan polisi terhadap Adam Toledo, sehari setelah kota itu merilis video yang menunjukkan seorang petugas polisi menembak dan membunuh anak laki-laki Latin berusia 13 tahun di sebuah gang pada minggu lalu.

Para demonstran meneriakkan, "Angkat tangan, jangan tembak!" dan "Tidak ada keadilan, tidak ada perdamaian!" sambil mengibarkan tanda dengan pesan seperti "Keadilan bagi Adam Toledo" dan "Hentikan Teror Polisi Rasis!" dalam protes yang berjalan damai saat malam tiba.

Para demonstran mengheningkan cipta dan menyatakan solidaritas kepada kerabat bocah itu, yang telah memohon pengunjuk rasa untuk tetap damai. Unjuk rasa dimulai di Logan Square Park, sekitar lima mil (8 km) sebelah utara tempat penembakan terjadi.

Video berdurasi sembilan menit, yang direkam, dimana Eric Stillman, petugas berusia 34 tahun itu mengejar dan menembak Toledo pada 29 Maret pukul 2:30 pagi di Little Village, lingkungan kelas pekerja di West Side kota itu. populasi besar orang Amerika Meksiko.

Toledo tampaknya memegang pistol ketika dia mematuhi perintah Stillman agar dia berhenti. Toledo kemudian menjatuhkan senjatanya dan segera mengangkat tangannya sebelum Stillman melepaskan tembakan.

Perilisan video tersebut dilakukan saat ketegangan memuncak di Chicago dan di seluruh negeri terkait masalah kepolisian dan keadilan rasial.

Dalam penembakan terbaru yang melibatkan polisi terhadap orang-orang kulit berwarna, seorang petugas di pinggiran kota Minneapolis menembak dan membunuh seorang pria kulit hitam dan saat ini telah menghadapi dakwaan pembunuhan tingkat dua. Pada hari Kamis, pembela mengentikan sementara kasusnya dalam persidangan Derek Chauvin, mantan perwira Minneapolis yang dituduh melakukan pembunuhan atas kematian George Floyd, yang kematiannya tahun lalu memicu gelombang protes nasional.

Departemen Kepolisian Chicago mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya memantau dengan cermat peristiwa di seluruh negeri dan mengerahkan sumber daya tambahan di seluruh kota. 

Kegiatan bisnis di seluruh kota juga ditutup selama seminggu terakhir untuk mengantisipasi kemungkinan kerusuhan dan penjarahan setelah video dirilis. Kota itu mengalami penjarahan dan kerusuhan yang meluas dalam beberapa hari dan minggu setelah kematian Floyd Mei lalu.

John Catanzara, presiden serikat Polisi Persaudaraan Chicago, mengatakan kepada CNN pada hari Kamis bahwa Stillman hanya memiliki delapan persepuluh detik untuk membuat keputusan apakah ia akan menembak dan tindakannya dapat dibenarkan.

"Tindakan petugas itu sebenarnya heroik," katanya.

Sebuah protes yang lebih kecil memblokir lalu lintas pada hari Kamis ketika sebagian besar demonstran turun kejalan untuk memprotes penembakan tersebut. [] Gesang 

Posting Komentar untuk "Ratusan Orang Turun ke Jalan di Chicago, Memprotes Penembakan Remaja 13 Tahun Oleh Polisi"