Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jumlah Korban Tewas Akibat Bentrokan Antara Kyrgyzstan dan Tajikistan Bertambah Menjadi 49 Orang



Bishkek, Visi Muslim- Sedikitnya 49 orang tewas dalam bentrokan di sepanjang bagian perbatasan Kyrgyzstan-Tajikistan yang disengketakan, kata pihak berwenang Sabtu, (1/5/2021).

Jumlah warga Kyrgyz yang tewas dalam konflik bersenjata di wilayah Batken Kyrgyzstan naik menjadi 34 dengan 173 luka-luka, kata Kementerian Kesehatan Kyrgyzstan.

Sementara itu, jumlah warga Tajik yang tewas dalam konflik tersebut mencapai 15 orang, termasuk tujuh tentara, menurut laporan media.

Media Tajik sebelumnya melaporkan bahwa hampir 90 orang Tajik terluka dalam konflik tersebut.

Kekerasan yang dimulai pada Rabu antara Tajikistan dan Kyrgyzstan berpusat pada perebutan kontrol atas jaringan distribusi air lokal.

Peralatan pengawas dipasang oleh pejabat Tajik di pusat distribusi air Golovnoi, yang menurut Kyrgyzstan terletak di daerah di mana kedaulatan belum ditentukan, dilansir dari situs berita Radio Free Europe.

Bentrokan pecah dengan intervensi pasukan perbatasan dari kedua negara, yang kemudian tentara dikirim ke wilayah tersebut dengan kendaraan lapis baja.

Ketegangan terkait kontrol pasokan air berlanjut pada Kamis, dengan warga yang saling melempar batu. [] Nilufar Babayigit 

Posting Komentar untuk "Jumlah Korban Tewas Akibat Bentrokan Antara Kyrgyzstan dan Tajikistan Bertambah Menjadi 49 Orang"